Wajib Dicoba! 5 Tips agar Rumah Tangga Harmonis hingga Tua

168 views

SAHABATSHOLEH – Menjadi harapan semua pasangan yang menikah untuk memiliki rumah tangga langgeng sampai kakek nenek dan maut yang memisahkan kalian berdua. Dan hal itu bukan mustahil, kok! Selama kamu dan pasangan memiliki kemauan untuk berusaha menjaga pernikahan kalian tetap kuat dan bahagia, maka impian bisa terus bersama hingga menua nanti bisa terwujud.

Berikut 4 tips yang dapat kamu lakukan bersama pasangan agar rumah tangga harmonis hingga tua. Mari disimak!

1. Membangun komunikasi yang kuat

Tanpa fondasi komunikasi yang kuat, hubungan pernikahan akan rapuh. Kamu dan pasangan akan sering didera salah paham yang kemudian memunculkan berbagai permasalahan dalam rumah tangga.

Biasakanlah untuk bisa bersikap jujur satu sama lain. Jangan mudah tersinggung ketika pasangan komplain mengenai sikapmu yang tidak sreg, dan cobalah bersikap legawa. Jika itu sudah dilakukan, kalian jadi nyaman untuk saling terbuka.

2. Hindari kebohongan

Tanpa adanya rasa saling percaya, hubungan rumah tangga akan senantiasa dilanda curiga. Itu sebabnya kamu dan pasangan sebaiknya berkomitmen untuk tidak menyimpan rahasia. Utamakan kejujuran kendati hal itu akan menyakitkan pasangan. Tapi, setidaknya pasangan jadi tahu apa pun yang kamu ucapkan selalu bisa dipercaya.

3. Menerima kekurangan

Tanpa adanya keikhlasan untuk menerima kekurangan pasangan, pernikahan kalian sulit bertahan lama. Kamu akan selalu menuntut pasangan untuk mengikuti aturan atau standar yang kamu punya.

Tidak ada ruang kompromi bila kamu tidak bisa menerima kekurangan pasangan. Lama-lama, hubungan rumah tangga jadi terasa melelahkan karena dia selalu diatur-atur layaknya anak kecil.

4. Saling bekerja sama

Hindari merasa paling berkontribusi dalam pernikahan. Bagaimanapun, hubungan rumah tangga itu adalah kerja tim dan menjadi tanggung jawab berdua.

Baca Juga :   Hikmah Istri Pakai Jilbab, Selain Wajib, Bikin Rumah Tangga Kian Romantis

Bila kalian bisa saling bekerja sama, dan tidak mengandalkan satu sama lain, hubungan jadi imbang. Tidak ada yang merasa diabaikan atau diremehkan. Pernikahan kalian jadi harmonis!

5. Kemauan kuat untuk berjuang

Mempertahankan pernikahan itu tidak mudah, lho! Kamu dan pasangan dituntut untuk memperjuangkan hubungan kalian agar bisa terus bertahan sampai tua nanti.

Maka dari itu, harus ada kemauan yang kuat untuk tidak menyerah ketika menghadapi konflik. Kalian wajib memiliki mindset untuk dapat menyelesaikan apa pun persoalan yang dihadapi selama berumah tangga. Jangan sebentar-sebentar minta cerai, ya!

Nah, semoga dengan tips tadi bisa membantu kamu dan pasangan memperoleh pernikahan yang awet dan bahagia sampai tua nanti.

Tags: #harmonis #rumah tangga #rumah tangga harmonis #tips agar rumah tangga harmonis