Viral Masyarakat Islam Tionghoa Rajin Yasinan, Netizen: Masya Allah Semoga Diistiqomahkan

Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia banyak yang memeluk agama Islam. Contohnya sebuah lembaga yang bernama Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Lembaga tersebut belum lama ini viral di TikTok saat seorang pria keturunan Tionghoa yakni Koh Firdaus mengunggah sebuah video.

“Keluarga besar PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) lagi baca Yasin bareng,” tulis Koh Firdaus, seperti dikutip dari akun TikTok-nya, Selasa (1/2/2022).

Bersamaan dengan tulisan tersebut, tampak beberapa pria dan wanita keturunan Tionghoa sedang melantunkan ayat-ayat Surat Yasin dengan khusyuk.

Jika dilihat lagi, tidak semua dari memiliki wajah khas keturunan Tionghoa. Ada beberapa dari mereka yang sepertinya non-Tionghoa. Hal ini ternyata memang dibenarkan oleh Koh Firdaus.

“Lembaga PITI rata-rata Chinese Muslim semua, tapi yang lain juga boleh gabung kok, kami enggak eksklusif,” tulis Koh Firdaus dalam kolom keterangan video.

Video viral yang telah ditonton lebih dari 1 juta kali itu juga ramai menuai komentar positif dari netizen. Mereka saling mendoakan yang terbaik untuk saudara sesama Muslim meskipun berbeda etnis.

“Masya Allah tabarakallah, semoga senantiasa mendapat bimbingan dan tuntunan dari Allah Subhanahu wa ta’ala,” tulis salah seorang netizen di kolom komentar.

“Demi Allah dan Rasulullah, salam persaudaraan buat saudara Muslim, meskipun berbeda ras dan etnis,” ungkap netizen lainnya.

“Masya Allah semoga diistiqomahkan selalu karena bertambah saudara semuslimku, rasanya bangga biar pun enggak kenal kalian juga,” tulis salah satu netizen.

Melihat saudara Muslim dari keturunan Tionghoa ini melantunkan Yasin dengan begitu syahdu, netizen pun tergerak bergabung. Banyak pula netizen yang menanyakan kepada Koh Firdaus cara untuk bisa ikut.

“Cara gabungnya gimana, biar mamaku ada teman ngaji yang se-Tionghoa,” komentar seorang netizen.

Baca Juga :   Publik Trenyuh!, Tunawisma Ini Ajarkan Sesuatu yang Istimewa

“Koh, saya mau bergabung, tolong infokan ya, kamsia,” kata netizen lainnya.

“Mau gabung bagaimana caranya ya… Kami mualaf Chinese Muslim, harus banyak belajar,” kata salah satu netizen.

Sementara itu, melalui TikTok Koh Firdaus @fds_95 diketahui PITI tidak hanya menggelar ibadah bersama seperti baca Surat Yasin, melainkan juga kegiatan sosial lainnya.

Beberapa waktu lalu Koh Firdaus juga menunjukkan video saat ia bersama PITI membagikan rezaki kepada mereka yang membutuhkan.

Wallahu a’lam bishawab.

 

sumber: bit.ly/341L8fO

Tags: #imlek #piti #surat yasin #tionghoa #viral