Ustaz Zacky Mirza Berharap Dorce Gamalama Tanggapi Bijak Nasihat Para Ulama

Wasiat Dorce Gamalama ingin dimakamkan sebagai perempuan tuai pro dan kontra di masyarakat. Dua pemuka agama, yakni Gus Miftah dan Buya Yahya sebelumnya turut memberikan pandangannya bahwa sebaiknya Dorce dimakamkan sesuai dengan kodrat awalnya: laki-laki.

Sementara, Ustazah Lulung Mumtaza menyarankan untuk mengikuti wasiat Dorce. Menanggapi perbedaan pendapat ini, Ustaz Zacky Mirza bersukur karena persoalan tersebut disoroti oleh para ulama.

“Artinya sesama muslim kita ini harus saling menasehati sebagaimana diriwayatkan di surat An Nahl ayat 125,” kata Ustaz Zacky Mirza kepada awak media, Selasa (1/2/2022).

Ustaz Zacky Mirza sepakat dengan para ahli fikih seperti yang telah disampaikan Gus Miftah dan Buya Yahya sebelumnya.

“Bahwa semua ulama sepakat bahwa seorang muslim ketika meninggal maka prosesinya harus dikembalikan ke kodrat aslinya,” ujarnya.

Menurutnya, segala pendapat dan nasihat sudah disampaikan dengan bijak dan cinta. Namun, semua itu hanya masukan dan pengetahuan. Sementara eksekusinya tetap ada di tangan Dorce Gamalama dan keluarganya.

“Yang ingin saya sampaikan dalam hal ini adalah kita harus berpikir bahwa ketika nasihat sudah kita sampaikan dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, tinggal semua keputusannya kembali ke yang bersangkutan,” katanya.

Ustaz Zacky Mirza merasa Dorce Gamalama sudah di tahap dewasa yang bisa mempertanggungjawabkan pilihannya. Karenanya, sebagai sesama muslim, ia mengimbau masyarakat untuk mendoakan saja.

“Pada akhirnya biarkan beliau yang mengambil kesimpulannya. Beliau yang mengambil kategori hukumnya seperti apa. Kita hanya bisa mendoakan saja,” ujarnya.

“Ya mudah-mudahan apapun yang beliau pahami, apapun yang beliau mengerti dari sisi hukum yang sudah kita sampaikan biar itu jadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah SWT,” karanya lagi.

Baca Juga :   Heboh Pernikahan Beda Agama, Ini Nasihat Penting Ustaz Abdul Somad

Karenanya, Ustaz Zacky Mirza juga berharap Dorce bisa menanggapi dengan bijak nasihat yang telah disampaikan untuknya.

“Kita doakan beliau sehat, panjang umur dan ya bisa menanggapinya dengan penuh kebijakan juga apa yang sudah dinasehati para ulama ustazah dan ahli fikih,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Dorce Gamalama yang mewasiatkan ingin dimakamkan sebagai perempuan yang belakangan menuai kontra dari sebagian pemuka agama.

Wasiat kematian Dorce Gamalama itu pun turut dikomentari sejumlah Ustaz dan Kiyai dengan memberi penjelasan terkait permintaan tersebut.

Gus Miftah dan Buya Yahya menyebut secara syariat Dorce Gamalama harus dimakamkan sebagai laki-laki.

 

sumber: bit.ly/35vUQao

Tags: #buya yahya #dorce gamalama #dorce gamalama dimakamkan sebagai perempuan #gus miftah #Ustaz Zacky Mirza #wasiat dorce gamalama