Ustaz Abdul Somad: Kalimat Paling Tinggi Adalah Azan, Binatang Paling Rendah Adalah Anjing

SAHABATSHOLEH – Imbas dari pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa dengan sebutan Gus Yaqut yang diduga menyamakan suara azan dengan gonggongan anjing berbuntut panjang.

Menanggapi hal tersebut, pendakwah kondang Ustaz Abdul Somad pun ikut mengomentari pernyataan Gus Yaqut. Hal tersebut ia sampaikan melalui salah satu ceramahnya di sebuah masjid yang terekam dalam sebuah video.

Dalam ceramahnya tersebut, Ustaz Abdul Somad mengibaratkan suara azan masjid dengan gongonggoan anjing seperti langit dan bumi yang artinya sangat berbeda jauh.

“Kalimat yang paling tinggi adalah seruan azan! Binatang yang paling rendah, paling hina, paling kotor, paling najis adalah anjing,” kata UAS dengan nada suara yang geram, seperti dikutip dari unggahan akun twitter @cobeh2021 pada Rabu 2 Februari 2022.

Tak hanya itu, Ustaz asal Riau ini juga mempertanyakan mengapa ada pernyataan yang sampai hati menyamakan suara azan dengan gonggongan anjing.

“Lalu bagaimana mungkin bisa tersilap dan tersalah mengumpamakan azan dengan anjing?” tanya UAS dalam ceramahnya.

Dalam ceramahnya ia bahkan menyinggung kondisi seseorang yang terbujur kaku di ruang ICU. Menurutnya, saat orang berada di kondisi itu seseorang akan merasa sendirian karena keluarga lainnya akan sibuk dengan dunianya sendiri.

“Sampai masanya nanti kau akan terbujur kaku di ruang ICU, Di saat itu anak menantu akan sibuk dengan dunianya.” ucapnya.

“Kau sendirian di dalam tempat yang sepi di tengah keramaian, dunia masih hiruk pikuk, tapi saat itu sayup-sayup suara azan berkumandang dari menara masjid, mencuri-curi masuk ke tepi jendela yang tertutup rapat. Tapi karena microphone keras, dia masih masuk ke ruang ICU,” imbuhnya.

Ia kemudian melanjutkan jika di kondisi seperti itu kemudian terdengar suara azan barulah kita akan meneteskan air mata. Menurutnya suara azan itu akan masuk sampai ke lubuk hati, namun semuanya tergantung amal perbuatan apa saja yang sudah dilakukan.

Baca Juga :   Mari " Aamiinkan " ! Taqy Malik Doakan Anak Ustaz Abdul Somad yang Baru Saja Lahir Jadi Penghafal Alquran

Tags: #gonggongan anjing #menteri agama #suara adzan #uas #ustadz abdul somad #yaqut cholil qoumas