Terungkap! 73,2% Populasi RI Memiliki Antibodi COVID-19, Satgas: Padahal Belum Pernah Vaksin

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan hasil sero survei antibodi di 100 kabupaten/kota di sebagian wilayah aglomerasi dan nonaglomerasi sepanjang bulan November dan Desember.

Hasilnya, mayoritas di wilayah tersebut sudah memiliki antibodi COVID-19.

Dari wilayah yang di survei, ditemukan bahwa mayoritas populasi sudah memiliki antibodi. Kekuatan tersebut baik yang sudah divaksinasi maupun yang pernah terinfeksi sebelumnya.

“86,6 persen populasi yang daerahnya disurvei telah memiliki antibodi SARS-CoV-2. Baik telah terinfeksi sebelumnya atau karena vaksinasi,” jelas jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di akun YouTube BNPB, Selasa (4/1/2022)..

Sementara itu, ditemukan pula mayoritas populasi tersebut sudah memiliki antibodi tapi belum pernah terpantau positif Corona atau tervaksinasi.

“73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei ternyata memiliki antibodi padahal belum pernah terdeteksi positif maupun tervaksinasi COVID-19,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga menambah alat untuk diagnostik COVID-19. Wiku juga meminta agar pelaku perjalanan disiplin melakukan karantina.

“Lalu upaya testing dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini seperti SGTF dan WGF sebagai pelengkap alat diagnostik yang gold standar yaitu PCR serta disiplin melakukan karantina bagi pelaku perjalanan yang negatif dan isolasi bagi pelaku perjalanan yang positif,” katanya.

 

sumber: https://bit.ly/3eOe4cC

Baca Juga :   Pandemi Telah Perparah Islamophobia di Eropa

Tags: #antibodi #covid-19 indonesia #pandemi covid-19 #satgas covid-19