Sindir Keras! MUI Singgung Artis yang Adopsi Boneka Arwah jadi Bayi, Hukumnya Terungkap Jelas

Belakangan ini sejumlah artis tampak membuat geger karena beramai-ramai mengadopsi boneka spirit doll yang diklaim sebagai boneka arwah.

Salah satu artis yang meramaikan fenomena itu adalah presenter kondang, Ivan Gunawan. Selain itu Celine Evangelista, Roy Kiyoshi, Lucinta Luna dan Nora Alexandria juga turut mengadopsi boneka tersebut.

Mengenai hal itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis akhirnya angkat bicara di akun Twitter-nya..

Menurut Cholil, boleh saja jika memang menjadikan boneka itu hanya sebuah mainan. Namun sangat dilarang jika boneka tersebut sampai diisi arwah.

Bahkan Cholil menegaskan jika sebuah boneka diisi makhluk halus dan jin maka hukumnya menjadi haram, karena sudah mengarah kepada kemusyrikan.

Hal itu diungkapkannya di akun Twitter pribadinya @cholilnafis, pada Senin (3/1/2022 lalu).

“Boneka itu mainan atau hoby itu boleh aja,” ujarnya.

“Tapi klo dijadikan demit arwah atau diisi arwah makhluk halus dan jin itu haram. Jika disembah ya syirik” sambungnya.

Tak lupa, Cholil juga mengingatkan agar semuanya dianggap biasa saja dan jangan berlebihan. Ia pun menyarankan lebih baik menyayangi anak yatim dan dhuafa karena itu lebih bermanfaat dan bisa mendapatkan pahala.
.’
“Jangan berlebihan menyayangi boneka. Klo lebih uang atau rasa sayang mk sayangilah anak yatim dhu’afa,” ujarnya.

Di sisi lain, salah satu artis yang telah hijrah, Fivey Rachmawati juga ikut merespon trend spirit doll ini. Fivey melihat dari sudut pandang islam dalam mengadopsi boneka tersebut.

Melalui akun Instagramnya yang dia kutip dari sebuah situs website, Fivey menyebut bahwa adopsi spirit doll hukumnya haram dan syirik.

“KESYIRIKAN YANG LAGI VIRAL, MARAKNYA FENOMENA ADOPSI SPIRIT DOLL ( BONEKA ARWAH > BACA “BONEKA BERISI JIN),” tulisnya di akun Instagram milknya, @five_vrachmawati, dikutip Selasa (4/1/2022).

Baca Juga :   Kapok! Ivan Gunawan Tak Pelihara Boneka Arwah Lagi

 

sumber: https://bit.ly/3JJAJFr

Tags: #boneka isi arwah #fenomena adopsi boneka #hukum boneka diisi jin #ivan gunawan #ivan gunawan adopsi boneka #MUI #mui singgung artis