Reaksi Suami Oki Setiana Dewi soal Ceramah Dianggap Menormalkan KDRT

SAHABATSHOLEH – Ceramah Oki Setiana Dewi dianggap menormalkan KDRT. Dalam salah satu video yang tersebar, Oki Setiana Dewi memberikan contoh perilaku istri yang menyembunyikan kesalahan suaminya ketika mendapat tindakan KDRT.

detikcom mencoba hubungi suami Oki Setiana Dewi, Ory Vitrio. Ory Vitrio memberikan link ke channel YouTube yang memuat ceramah Oki Setiana Dewi yang tengah ramai.

Video tersebut berjudul ‘Tingkat Tertinggi Akhlak Istri’. Video berdurasi 4 menit 4 detik itu diunggah pada 20 Maret 2019.

Isi ceramah dalam video itu lebih panjang dari video-video yang viral dan tersebar di media sosial.

Awalnya, Oki Setiana Dewi menceritakan soal sikap seorang perempuan yang selalu memperlihatkan kondisi rumah tangganya baik-baik saja, meski kenyataannya berbeda. Berikut awal ceramah Oki Setiana Dewi yang dianggap menormalkan KDRT:

‘Rumah tanggaku ya Allah, sedih.’ Di depan orang banyak, ‘Alhamdulillah baik. Doain ya sakinnah, mawaddah, wa rahmah. Suamiku tuh baik luar biasa,’ tapi di sepertiga malam, ‘Ya Allah sedih rumah tanggaku ya Allah.’ Gitu Bu harusnya.

Ini kalau terjadi permasalahan rumah tangga curhat ke orang lain atau curhat di social media, dikit-dikit posting. Tapi yang udah sepuh-sepuh sih alhamdulillah nggak ada social media, bagus juga nggak gaul di social media.

Karena kalau zaman sekarang punya sosmed dikit, kasih cerita di sosmed, bikin status-status di sosmed, dibaca sama seluruh orang di dunia ini. Ya Allah ternyata rumah tangganya lagi berantakan.

Akhirnya ada laki-laki yang baca, ‘Oh rumah tangganya lagi berantakan, aku pepetin ah.’ Kesempatan ‘Aku ini laki-laki ku tunggu jandamu. Dari dia gadis ku tunggu jandamu. Dia lagi ada problem aku pepetin ah.’ Membuka pintu setan, buka-buka rahasia rumah tangga, membuka aib orang lain, atau aib suami sendiri. Buat apa?

Baru selanjutnya, Oki Setiana Dewi menceritakan sebuah kisah nyata pasangan suami dan istri di Jeddah. Cerita inilah yang viral dan muncul anggapan Oki Setiana Dewi menormalkan KDRT.

Baca Juga :   Tere Beberkan Rutinitasnya Semenjak Mualaf, Bangun Tidur Ucap Syahadat hingga Rutin Selesaikan Satu Juz Tiap Hari

Ada sebuah kisah nyata di Jeddah. Suami istri lagi bertengkar, suaminya marah luar biasa pada sang istri dipukullah wajah istri. Kemudian istrinya menangis, tiba-tiba terdengar bel pintu rumah berbunyi. Ketika istrinya membuka dalam keadaan sembab matanya, ternyata ibunya sang istri. Suaminya dari kejauhan deg-degan, ya Allah istriku ini pasti ngadu sama mertuaku ini bahwa tadi baru dipukul.

Orang tuanya tanya pada si perempuan ini, ‘Anakku kenapa kok kamu menangis matanya sembab begitu kenapa?’ Istrinya mengatakan, ‘Ibu Ayah ya Allah aku tadi berdoa sama Allah. Aku rindu sama Ibu sama Ayah karena sudah lama nggak ketemu. Aku menangis karena rindu sama Ibu sama Ayah eh tahunya Allah langsung menjawab doa aku. Aku semakin terharu jadi aku menangis aku rindu sama Ibu sama Bapak, bahagia bisa ketemu sama Ibu sama Bapak.’

Suaminya dari kejauhan, ‘Ya Allah ini istri.’ Padahal bisa loh istrinya ngadu sama orang tuanya itu. Aku baru dipukul, ada KDRT, kekerasan dalam rumah tangga.

Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya, nggak sesuai kenyataan, dilebih-lebihkan gitu. orang kalau lagi marah, sakit hati biasanya ceritanya suka dilebih-lebihkan. Tapi sang istri mengatakan, ‘Ya Allah aku tuh menangis karena rindu sama Bapak sama ibu.’ Suaminya luluh hatinya, ‘Istriku itu masyaallah menyimpan aibku sendiri ya Allah luar biasa.’ Makin sayang dan cinta sumi tersebut.

Makanya kalau kita berantem suami istri, khususnya pernikahan muda, dikit-dikit ngadu sama orang tua. Orang tuanya kesel, eh kita sudah buat anak lagi sama suami kita, sudah baik lagi sama suami kita, orang tua masih sebel kita sudah harmonis lagi sama suami kita. Jadi tidak perlulah cerita-cerita yang sekiranya membuat kita menjelek-jelekkan suami kita sendiri.

Tags: #ceramah oki setiana dewi #ceramah oki setiana dewi soal kdrt #oki setiana dewi #oki setiana dewi dianggap menormalkan kdrt #oki setiana dewi kdrt