Pemuda Diduga Gangguan Jiwa Gali Makam di TPU Bogor: Alasannya Patut Jadi Renungan

SAHABATSHOLEH – Warga Kampung Haur Kuning, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menangkap seorang pemuda berinisial EN. EN ditangkap saat sedang menggali kuburan baru di Tempat Pemakaman Umum Astana, pada Selasa (25/1).

EN menggali kubur dengan alasan ingin mengetahui alam kubur. Warga yang kesal langsung membawa pemuda itu ke kantor polisi Sektor Jonggol.

“Warga bingung ngapain orang gali makam yang baru. Akhirnya warga datang dan interogasi warga. Kata pemuda ini ingin tahu keadaan di dalam kuburan seperti apa. Makannya dia gali,” kata seorang warga.

Warga Kampung Haur Kuning, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol ,Kabupaten Bogor, Jawa Barat menangkap seorang pemuda berinisial EN yang tengah menggali kuburan baru di sebuah area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Astana Foto: Dok. Istimewa

Khawatir EN mendalami ilmu sesat, warga membawa dia ke rumah RW setempat.

Setelah diamankan di rumah RW, RN dibawa ke Polsek Jonggol. Namun saat diinterogasi, jawaban EN berbelit.

“Dari pemeriksaan yang kita lakukan kepada pelaku EH ini dalam memberikan jawaban ataupun keterangannya tidak sesuai dengan apa yang di tanyakan oleh penyidik kami,” kata Kapolsek Jonggol Kompol Sularso.

Melihat ada kejanggalan saat pemeriksaan, polisi langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa Jonggol, Ketua MUI Kecamatan Jonggol dan keluarga dari kedua belah pihak.

“Dari koordinasi yang di lakukan tersebut di ketahui bahwa pelaku EH (27) ini mengalami gangguan jiwa sejak 7 bulan yang lalu. Yang pada akhirnya kedua belah pihak pun bersepakat menyelesaikan kejadian tersebut secara kekeluargaan,” kata Sularso.

Atas dasar itu, EH akhirnya dibawa oleh pihak keluarga ke RS Jiwa Marsoeki Mahdi untuk di lakukan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga :   Terekam Sedang Salat, Pria Diduga ODGJ Ini Bikin Warganet Terenyuh: Jiwanya Terganggu Hatinya Tidak

Tags: #alam kubur #gali makam #gangguan jiwa #kuburan #makam #ODGJ #pemuda #tpu