Pegawai Hotel Kembalikan Uang Tamu Rp65 Juta Bikin Sandiaga Uno Merinding: ‘Sempat Tergiur Tapi Saya Ingat Pesan Ibu’

Ini adalah kisah Muhammad Iqbal. Pemuda yang karib disapa Iqbal ini memberikan banyak inspirasi karena ceritanya. Ia menjadi perbincangan banyak warganet karena menemukan uang Rp65 juta saat sedang bekerja. Menariknya, Iqbal sama sekali tak mengambil uang tersebut.

Iqbal adalah petugas kebersihan di Rusun Nagrak, Cilincing, yang menjadi tempat karantina terpusat untuk PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri). Uang yang Iqbal temukan berupa 2.050 euro dan 3000 dolar atau jika dirupiahkan menjadi Rp65 juta.

Kejujurannya mengundang kagum banyak pihak, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sandi pun mengajak Iqbal bertemu secara virtual dan membagikan momen pertemuan itu di instagram @sandiuno.

“ Panjang umur orang-orang jujur! Saya merinding mendengar cerita dari Mas Iqbal,” tulis Sandi dalam postingannya pada Kamis, 17 Februari 2022.

Pria yang juga seorang pengusaha ini memberikan pujian kepada Iqbal atas sikapnya yang patut ditiru. “ Ini adalah contoh yang baik dan patut ditiru,” tulis Sandi.

Menemukan Uang di Bawah Seprai

Pertemuan virtual Iqbal dan Sandiaga Uno juga mengungkapkan bagaimana Iqbal bisa menemukan uang sebanyak itu. Ketika ditanya sang menteri, Iqbal mengaku menemukannya di bawah seprai kamar check out saat sedang bersih-bersih.

“ Jadi pada waktu kejadian itu ada kamar check out an, dan saya rapihin kamarnya. Saya angkatin sampahnya dan kirim yang baru. Ganti seprai baru. Pas saya angkat seprai yang di kamar, itu ada kertas amplop putih, pas saya buka itu ada lembaran satu 100 euro. Banyak banget itu amplop,” kata Iqbal.

Ingat Pesan Ibu, Kerja Harus Jujur

Iqbal pun sempat tergiur dengan uang sebanyak itu. Tumpukan uang itu sangat banyak dan tak ada pemiliknya.

“ Sempat tergiur, sudah mau ambil sempat,” cerita Iqbal.

Namun Iqbal teringat pesan ibunya bahwa jika bekerja haruslah jujur dalam segala hal.

“ Cuma saya ingat pesan ibu saya, kalau kerja itu harus Jujur, Maka dari itu saya langsung laporin ke atasan saya Pak,” lanjut Iqbal.

Kekaguman Sandiaga Uno

Mendengar cerita Iqbal, Sandi langsung merinding. Iqbal menjadi sosok yang dapat dicontoh para sektor pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi di saat ekonomi sedang susah seperti sekarang ini.

“ MasyaAllah, saya langsung merinding nih. Karena di saat ekonomi yang susah gini, pesan Ibu mungkin beberapa tahun yang lalu tetap terngiang seperti sekarang. Nih guys ini adalah contoh yang baik banget nih buat para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Orang-orang seperti Mas Iqbal ini yang bakal membawa kebangkitan ekonomi kita,” puji Sandi.

Dapat Hadiah ke Mandalika

Kekaguman Sandi tak berhenti sampai di pujian. Ia pun menawarkan hadiah liburan untuk Iqbal. Iqbal yang ditanya lebih menyukai pegunungan atau pantai.

Jawaban Iqbal yang lebih memilih pantai membuat Sandi memberikan hadiah liburan ke Mandalika, yang sebentar lagi akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022, pada Maret mendatang.

“ Sebagai tanda terima kasih, saya menghadiahkan Mas Iqbal untuk berlibur ke Mandalika, Lombok, dan mengundangnya untuk memberikan pelatihan hospitality bagi pekerja pariwisata lainnya,” tulis Sandi dalam keterangannya di Instagram @sandiuno.

Iqbal Dapat Menjadi Inspirasi

Kejujuran adalah hal yang mahal dan langka. Sandi berharap, tidak hanya Iqbal yang jujur dan amanah. Tetapi seluruh sektor pariwisata, agar ekonomi dapat bangkit dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

“ Kepulihan sektor pariwisata, karena jujur dan amanah. Ke depan bangsa ini akan maju kalau banyak orang-orang seperti Iqbal yang jujur. Dan dengan kejujuran kita ini ekonomi bangkit, lapangan kerja akan terbuka dan mudah-mudahan lebih banyak masyarakat yang meningkat kesejahteraannya,” tambah Sandi.

Ucapan Terima Kasih dari Sang Pemilik Uang

Selain mendapat pujian dari Sandi, sang pemilik uang yang diketahui bernama Iphoel Syaiful pun mengungkapkan rasa terima kasihnya pada iqbal.

Iphoel yang saat itu baru saja dikarantina selepas pergi dari Mesir pada Rabu, 9 Februari lalu, merasa lega ada Iqbal yang menyelamatkan uangnya.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada Muhammad Iqbal, petugas kebersihan yang menemukan uang saya dan dengan penuh kejujuran melaporkan penemuan uang tersebut. Kejujuran ini semakin mahal di kondisi yang serba sulit. Ada banyak pilihan buat Mas Iqbal dan dia memilih untuk berbuat yang benar,” tulisnya dalam akun Iphoel Syaiful.

Tags: #ingat pesan ibu #jujur #kembalikan uang #kerja jujur #mandalika #pegawai hotel #pegawai hotel kembalikan uang #pesan ibu