Menjelajahi 7 Lembah Terindah di Indonesia

98 views

Dengan lebih dari 17.000 jumlah pulau berbeda, mulai dari pulau kecil hingga lima pulau besar seperti Sumatra, Jawa, Makassar, Kalimantan, dan Papua Barat, Indonesia menawarkan keindahan alam tropis terbesar di seluruh dunia. Kekayaan alam Indonesia terdiri dari satwa liar menarik, panorama pergunungan dan pantai yang menakjubkan, tempat scuba diving populer favorit wisatawan mancanegara hingga lembah indah. Saking banyaknya pilihan wisata, tak heran jika wisatawan yang ingin mencoba mencari destinasi wisata baru kadang merasa kewalahan saat harus menentukan pilihan destinasi.

Nah, buat kamu yang tengah mencari rekomendasi destinasi wisata lembah terindah di Indonesia, kamu tak perlu kebingungan. Berikut rekomendasi destinasi wisata lembah terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

Lembah Terindah di Indonesia

1. Lembah Baliem

Membuka daftar lembah terindah di Indonesia adalah Lembah Baliem. Destinasi wisata lembah ini terletak di Papua Barat, tepatnya berada di kaki Pegunungan Jayawijaya, di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Mengunjungi tempat wisata sekaligus tempat tinggal suku Dani ini, kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan dengan udara sejuk.

Lembah Baliem yang memiliki panjang sekitar 80 kilometer dan lebar 20 kilometer ini tak hanya menjadi favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara akibat daya tarik alamnya, tapi juga berkat Festival Lembah Baliem yang diadakan setiap tahunnya.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi destinasi wisata lembah di Indonesia yang indah ini dan tak ingin ketinggalan menjadi salah satu bagian dari festival tahunannya, sangat disarankan untuk merencanakan liburan tepat pada perayaan kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus.

2. Sianok

Terletak di kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, terdapat salah satu lembah terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Adalah Ngarai Sianok, sebuah lembah besar yang terbentuk dari patahan dengan kedalaman mencapai 100 meter.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata yang Nyaman Diakses Rental Mobil Bandung

Mengunjungi destinasi lembah terindah di Indonesia yang satu ini, kamu akan menemukan pemandangan hijau asri, hamparan sawah, dan kelokan Sungai Siank yang cantik. Konon di masa penjajahan Belanda, Ngarai Sianok menjadi tempat favorit para penduduk melepas kerbau. Oleh karena itulah, Ngarai Sianok juga dikenal sebaagai Ngarai Kerbau.

3. Lembah Bada

Salah satu lembah terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Lembah Bada. Lembah cantik yang berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dan berada di kaawasan Taman Nasional Lore Lindu ini tak hanya memiliki lanskap alam indah yang dilengkapi oleh aliran tenang Sungai Laering, tapi juga nilai sejarah yang membuatnya sering disamakan dengan Pulau Paskah.

Ketika kamu berkunjung ke Lembah Bada, kamu akan menemukan setidaknya sekitar 419 puing dan patung-patung megalitikum yang diperkirakan telah ada semenjak abad ke-14 dan tersebar di berbagai lembah. Selain menikmati panorama alam dan mengagumi patun-patung bersejarah, salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang mengunjungi wisata lembah di Indonesia satu ini adalah rafting di Sungai Lariang.

4. Lembah Harau

Lembah terindah di Indonesia lainnya yang wajib masuk ke dalam daftar destinasi liburan favorit adalaah Lembah Harau. Lembah seluas 20 hektar ini telah ditetapkan sebagai cagar alam dan suaka margasatwa semenjak tahun 1993. Berada di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, destinasi wisata lembah di Indonesai ini diapit dua bukit cadas yang menjulang setinggi 200 meter.

Berkunjung ke Lembah Harau, kamu bisa menikmati pemandangan lembah yang hijau, hamparan sawah di antara tebing, dan aliran air sungai yang tenang. Selain itu, terdapat pula setidaknya enam air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter dan area perbukitan favorit yang bisa kamu temukan di sini.

Baca Juga :   10 Destinasi Wisata Terunik di Dunia yang Anti-Mainstream

5. Lembah Pantunan

Bali memang identik dengan keindahan pantainya yang tersohor hingga mancanegara. Namun yang tak banyak orang ketahui, potensi Pulau Dewata juga terletak pada destinasi lembahnya yang indah. Adalah Lembah Pantunan yang terletak di Desa Bang Sidem, Kabupaten Bangli, Bali.

Walau terbilang masih sepi pengunjung, keindahan salah satu destinasi wisata lembah terindah di Indonesia ini konon tak kalah dibanding Ceking-Tegallalang di Gianyar yang menjadi salah satu destinasi populer Bali. Jika kamu berkunjung ke Lembah Pantunan, kamu akan menemukan pemandangan hamparan sawah di dasar bukit kecil dengan alam yang masih sejuk.

6. Lembah Ramma

Beralih ke Sulawesi Selatan, kamu bisa menemukan Lembah Ramma sebagai salah satu destinasi lembah terindah di Indonesia lainnya. Berada di kaki Gunung Bawakaraeng, untuk mencapai lembah ini, kamu diharuskan untuk mendaki melalui lokasi pendakian Lembah Ramma yang berada di Kecamatan Malino, Kabupaten Gowa.

Tenang saja, jalur pendakian menuju destinasi wisata lembah di Indonesia satu ini terbilang cukup mudah bagi para pendaki pemula. Walau demikian, sangat disarankan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan pendakian dan membawa bekal secukupnya. Sesampainya kamu di Lembah Ramma, kamu akan mendapatkan pemandangan lembah hijau lengkap dengan sungai meliuk dan gumpalan awan seputih kapas.

7. Lembah Anai

Kalau lembah-lembah terindah di Indonesia sebelumnya terletak di hamparan padang rumput atau kaki gunung, Lembah Anai terdiri dari pemandangan alam hijau dan air terjun. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Lembah Anai, jalur untuk mengunjungi destinasi wisata ini masihlah terbilang mudah dijangkau karena berada di tenga padatnya trans Sumatera.

Berkunjung ke Lembah Anai, kamu akan menemukan deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang yang membentuk dinding alam dan udara yang sejuk. Daya tarik wisata alam yang satu ini menjadi favorit wisatawan lokal dan luar daerah, sehingga tak mengherankan jika lalu lintas menuju ke kawasan wisata lembah di Indonesia ini selalu padat saat musim liburan tiba.

Baca Juga :   Adakah Self Healing dalam Islam?

Tags: #lembah #wisata #wisata lembah