Masyaallah.. Inilah 5 Fakta Penting Kiai Anwar yang Jasadnya Utuh Meski Terkubur 31 Tahun

SAHABATSHOLEH – Warga Blitar, Jawa Timur dikejutkan oleh jasad seorang ulama yang masih utuh meski telah dikubur selama 31 tahun. Jasad tersebut adalah milik Kiai Anwar Sudibyo, yang semasa hidup merupakan tokoh penting di Nadhlatul Ulama (NU) Blitar.

Peristiwa ini berhasil menggegerkan semakin banyak orang setelah video unggahan Muta Bi’in yang menyaksikan langsung proses pemindahan jenazah tersebut viral di media sosial. Unggahan ini disukai ribuan kali dan telah dibagikan sebanyak ratusan kali.

Siapa sebenarnya sosok Kiai Anwar Sudibyo ini? Berikut fakta sosok Kiai Anwar Sudibyo yang telah dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber pada Rabu (20/3).

1. Kehidupan pesantren

Kiai yang memiliki nama lengkap Mochd. Anwar Sudibyo ini merupakan sosok pendiri Pesantren Tambakan di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Sang ulama menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar pada tahun 1982 hingga 1987. Tidak hanya itu, sang kiai juga pernah menjadi Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan sesepuh Tarekat Kodiriyah wa Nasyabandiah. Selain itu, Kiai Anwar tercatat sebagai santri pertama di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Salawiyah (APIS) Gandusari bersama Kyai Jamhuri tahun 1923.

2. Akhir hayat

Kiai Anwar meninggal pada 1988 saat menjadi imam salat Subuh di Masjid Baitul Rauf. Masjid tersebut merupakan bagian dari pondok pesantren Tambakan yang didirikannya.

3. Pemindahan makam

Setelah 31 tahun dikubur, jasad Kiai Anwar dibongkar untuk dipindahkan. Pemindahan dilakukan oleh pihak keluarga setelah istri Kyai Anwar meninggal. Makam sang ulama dipindahkan agar berada satu kompleks dengan makam istrinya di sekitar Masjid Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

4. Kondisi jenazah

Warga Blitar terkejut saat melakukan pembongkaran makam. Jari kaki hingga kepala masih menyambung meskipun sudah terkubur puluhan tahun. Kemudian kain kafan yang membalutnya tidak ada yang robek alias masih utuh. Setelah diangkat, dilakukan penggantian kain kafan dan peti. Jenazah juga disalatkan di masjid sebelum dimakamkan kembali.

Baca Juga :   Karena tidak Selamanya Ibu Bisa Mendampingimu

5. Pengakuan anak

Muta Bi’in selaku pengunggah video pembongkaran makam Kiai Anwar telah mendapat izin publikasi dari putra sang Kiai, Moch Munib. Menurut sang putra, keseharian Kiai Anwar semasa hidup tidak pernah lepas dari zikir.

“Abah itu setahu saya nggak pernah ibadah yang khusus begitu ya. Beliau hanya sering memimpin zikir di jemaah tarekatnya. Beliau dalam setiap aktivitas juga selalu berzikir. Itu juga yang diajarkan pada kami anak-anaknya,” tutur Moch Munib kepada wartawan. Itulah beberapa fakta dari jasad Kyai Anwar yang masih utuh meski sudah dikubur selama 31 tahun.

Tags: #jasad utuh #kiai anwar #kisah inspiratif