Maha Ayesh, Muslimah Berhijab Pertama Kepolisian Bartlett

256 views

Maha Ayesh merupakan orang pertama di keluarga besar Palestina-Amerika yang menjadi perwira polisi. Ia bergabung dengan Departemen Kepolisian Bartlett Oktober lalu.

Penduduk Lombard ini juga menjadi pelopor di area lain, dimana ia merupakan polisi wanita Muslim pertama di pinggiran kota yang mengenakan jilbab.

“Saya petugas berhijab pertama di Illinois. Salah satu inspirasi terbesar saya adalah saya benar-benar ingin menantang hambatan budaya,” kata wanita berusia 31 tahun ini dikutip di Daily Herald, Selasa (19/10).

Ia menyebut meski orang tidak terbiasa melihat petugas polisi berhijab, ada lebih banyak petugas Muslim, baik pria dan wanita, di pinggiran kota hari ini.

Hal tersebut dinilai sangat penting karena mereka membawa latar belakang yang banyak orang tidak terbiasa bekerja dengannya. Ia pun mengatakan keinginannya untuk membawa perbedaan, keberagaman budaya dan nilai-nilai yang ia anut, sebagai bentuk bukti mereka bekerja dengan orang-orang sepertinya di komunitas tersebut.

Ayesh sebelumnya bekerja sebagai terapis forensik yang mengevaluasi narapidana di penjara Kane County dan sebagai penghubung peradilan anak di Kane County. Saat berpatroli di jalan-jalan Bartlett, Ayesh mengatakan interaksinya sebagian besar positif.

Ayesh mengatakan dia dapat membantu departemen kepolisian memberikan layanan yang kompeten secara budaya, tidak hanya kepada komunitas Muslim. Bartlett memiliki populasi etnis dan imigran yang berkembang, dimana 16 persen Asia dan hampir 13 persen dari Latin.

“Saya ingin menunjukkan kepada wanita Muslim di luar sana, mereka bisa melakukan ini. Mereka bisa mendobrak penghalang dan tembok itu,” kata Ayesh.

 

sumber: bit.ly/322N1rl

Baca Juga :   Perjuangan Kapten Angkatan Udara Muslimah Amerika

Tags: #kepolisian bartlett #maha ayesh #muslimah amerika #perempuan muslim amerika