Kota di Arab Saudi Diguyur Hujan Salju Sejak Tahun Baru

206 views

Salju turun di daerah gurun pasir di Arab Saudi pada 1 Januari 2022. Dilansir dari France 24, hujan salju terjadi di barat laut Arab Saudi di Kota Jebel al Lawz di Provinsi Tabuk.

Kejadian langka itu membuat penduduk setempat berbonding-bondong menuju Kota Jebel al Lawz untuk menikmati pemandangan hujan salju. Orang-orang di wilayah Tabuk di dekat perbatasan Yordania menemukan pasir gurun yang tertutup selimut salju putih.

Salju turun di pegunungan Jabal Al-Lawz biasanya saat suhu turun. Musim dingin dianggap sebagai waktu terindah sepanjang tahun di wilayah tersebut.

Faris Al-Harbi, seorang insinyur yang dulu tinggal di Tabuk, mengatakan kepada Arab News setiap tahun selalu menunggu salju turun. “Setiap tahun kami menunggu salju turun agar bisa pergi menikmati kabsa (hidangan tradisional Saudi). Bibi kami yang memasak di atas salju. Itu adalah salah satu ritual kami,” ujarnya.

Arab Saudi dikenal dengan iklim gurun yang kering. Namun suhu bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya karena bentang alam yang beragam yang mencakup gunung, pulau, gurun, gua, dan lembah.

Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan prakiraan badai petir disertai angin kencang dalam beberapa hari mendatang. Salju bisa turun di wilayah Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk

Fenomena Arab Saudi bersalju bukan pertama kali terjadi. Salju biasanya turun di daerah pegunungan utara Turaif, Tabuk, Arar, dan Rafha. Penduduk setempat melakukan perjalanan dari berbagai bagian Arab Saudi untuk menikmati cuaca dingin yang sejuk dan aktivitas lain seperti seluncur salju.

“Puncak gunung Tabuk turun salju hampir setiap tahun, dan itu menarik perhatian semua penduduk dan pengunjung,” kata Badr Al-Gbl kepada Arab News. Ia mengunjungi Tabuk selama musim dingin.

Baca Juga :   Festival Musik Terbesar Timur Tengah Digelar di Saudi

Di barat daya yaitu di wilayah Asir juga terlihat sedikit salju. Asir adalah wilayah pegunungan Soudah yang tertutup juniper, puncak tertinggi di Arab Saudi, menjulang lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut.

Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan prakiraan badai petir disertai angin kencang dalam beberapa hari mendatang di Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk. Di wilayah tersebut lebih banyak salju diperkirakan akan turun.

 

sumber: https://bit.ly/3qT8TxM

Tags: #Arab Saudi #arab saudi bersalju #bersalju #salju