Kisah Pak Tipu, 6 Tahun Rela Jalan Kaki 4 Jam Tiap Hari untuk Jadi Imam Masjid di Pelosok Bone

SAHABATSHOLEH – Inilah kisah seorang pria paruh baya yang saban hari rela berjalan kaki selama 4 jam untuk menuju masjid satu-satunya di daerahnya. Pria ini bernama Tipu. Ia merupakan imam masjid Ar Rahman, yang terletak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Jika pada umumnya masjid terletak di dekat area rumah, berbeda dengan wilayah Pak Tipu. Jarak rumah Pak Tipu dengan masjid sekitar tujuh kilometer. Namun, pengabdiannya menjadi seorang imam di pelosok Bone ini tak runtuh hanya karena jarak dan waktu.

Enam Tahun Menjadi Imam

Video perjuangan Pak Tipu pun dibagikan oleh akun Instagram @masjidnusantara. Ia telah mengabdi selama enam tahun menjadi seorang imam masjid. “Selama 6 tahun pak Tipu mengabdi menjadi imam masjid yang letaknya jauh di pelosok Bone Sulawesi Selatan,” demikian keterangan video tersebut.

Letaknya yang jauh tak membuat semangat Pak Tipu surut. Saban hari dia lakukan dengan ketulusan untuk beribadah. [crosslink_2]

Jalan Kaki 4 Jam

Rute yang ditempuh pak Tipu tidak gampang. Selama berjalan kaki tiga hingga empat jam itu, dia harus melewati jalanan berbatu di area perbukitan. Di dalam video itu, Pak Tipu ditemani oleh salah satu publik figur bernama Adhin Abdul Hakim. Pria yang menemani Pak Tipu berjalan ini pun sangat salut dengan kegigihannya.

“Ini saya ngikutin Pak Imam sudah 2 jam jalan kaki tapi belum keliatan masjidnya,” kata Adhin.
“Jadi kalau ke masjid, beliau jalan sekitar 3 sampai 4 jam,” lanjutnya. [crosslink_3]

Masjid yang Tak Layak

Namun perjuangan tak sampai di jarak yang jauh. Masjid yang dituju bernama Ar Rahman ternyata kondisinya tak layak. Dalam video, terlihat bangunan masjid yang sebagian besar terbuat dari kayu itu sudah mulai keropos dan usang. Atap masjid yang terbuat dari seng juga membuatnya sangat mudah bocor saat hujan turun.

Baca Juga :   PPKM Tidak Berlaku Saat Natal dan Tahun Baru, Shamsi Ali Singgung Pengetatan Saat Lebaran

Kondisi tersebut nyatanya tak meluruhkan semangat pak Tipu dan warga. Ketika shalat berjamaah, warga yang menjadi jamaah pun tak sedikit. [crosslink_4]

Donasi untuk Bangun Masjid

Majid Ar Rahman tepatnya terletak di Tanete Tengah, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kondisi masjid yang memprihatinkan pun membuat akun pengunggah video @masjidnusantara mengajak warganet untuk dapat memberikan bantuannya kepada Pak Tipu dan warga Bone dengan donasi.

Donasi tersebut tidak lain agar Pak Tipu dan warga Bone dapat beribadah dengan layak dan khusyuk. Dengan fasilitas masjid yang nyaman dan kokoh.

Tags: #bone #imam masjid #jalan kaki 4 jam #jalan kaki 4 jama #pak tipu