Kenangan Warga terhadap Dorce Gamalama: Baik Banget, Suka Bantu Tetangga

SAHABATSHOLEH – Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) pagi di rumah sakit. Dari pantauan, Rumah duka di Bekasi, Jawa Barat, terlihat sepi dari pelayat.

Rumah gadang milik Bunda Dorce tertutup rapat dengan pagar tinggi, hanya ada sejumlah karangan bunga berisi ucapan turut berduka cita.

Salah satu warga sekitar bernama Mirna (45) kaget mendengar Dorce meninggal dunia.

“Hah, meninggal? Innalillahi, kapan? Di mana? Aku belum dengar malah, belum tahu. Tahunya sih aku dia di rumah,” katanya dikutip dari Antara, Rabu (16/2/2022).

Mirna mengatakan selama Dorce Gamalama sakit memang sudah jarang terlihat di rumah dan bersosialisasi dengan masyarakat.

“Jarang keluar, tinggalnya sama anaknya, tetapi sudah jarang kelihatan,” ujar Mirna.

Menurut Mirna, sosok Dorce merupakan tetangga yang sangat baik. Rumah di Jatibening merupakan tempat tinggal sekaligus yayasan sosial yang digerakkan artis senior tersebut.

“Baik banget, iya suka membantu tetangga, iya peduli dia orangnya,” kata Mirna.

Sahabat Dorce Gamalama, Harry mengatakan mendiang dikenal sebagai ibunya para artis dan memiliki banyak anak buah.

Dorce diketahui memiliki dua rumah, salah satunya di Jatibening dan satu lagi di Lubang Buaya Jakarta Timur.

“Di sini rumahnya juga, keluarganya juga ada yang di sini. Kata istri saya, beliau dimakamkan di Bambu Apus Jakarta. Terakhir tahun lalu ketemu, saat saya menikahkan putri saya, beliau datang. Saya teman dekat sekali,” katanya.

Ketua RT 002/RW 01 Syahroni membenarkan pemakaman mendiang dilakukan di kediaman yang berlokasi di Bambu Apus, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

“Saya dapat info dari Bang Joni, orang terdekat keluarga almarhumah, tadi jam 07.40 WIB dibawa dari rumah sakit ke Lubang Buaya, bukan di sini,” katanya.

Baca Juga :   Ini Asal Usul Nama Dorce Gamalama, Ternyata Tak Sembarangan Memberikan Nama!

Diketahui artis senior yang dikenal dekat dengan enam presiden mulai dari Soeharto hingga Joko Widodo itu dikabarkan meninggal dunia pada Rabu ini pukul 07.30 WIB setelah menjalani perawatan selama tiga pekan di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta akibat Covid-19.

Pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi itu meninggal dunia di usia 58 tahun. Sebelum meninggal dunia, Dorce memiliki riwayat sakit bahkan sempat tidak sadarkan diri di ruang ICU. Dia juga mengidap penyakit batu ginjal hingga gula darah. (Antara)

Disalatkan sebagai laki-laki

Jenazah artis senior Dorce Gamalama disalatkan sebagai laki-laki dan tidak diturunkan dari mobil jenazah di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu sekitar pukul 14.00 WIB.

Kerabat Dorce Gamalama, Ustadz Anan Muhajirin, yang bertindak sebagai imam salat jenazah mengatakan, hal tersebut berdasarkan hasil musyawarah bersama pihak keluarga. “Hasil musyawarah semuanya. jenazah disalatkan sebagai laki-laki,” kata Anan Muhajirin di Jakarta, Rabu.

Puluhan warga ikut menyalatkan jenazah Dorce Gamalama dari dalam masjid, sementara jenazah tetap berada di mobil ambulans karena protokol COVID-19.

Usai disalatkan, jenazah Dorce Gamalama langsung dibawa menuju ke TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta Timur, untuk dimakamkan.

Diketahui, Dorce Gamalama lahir dengan nama asli Dedi Yuliardi di Solok, Sumatera Barat, pada 21 Juli 1963. Ibunya bernama Dalifah, seorang pedagang beras berdarah Minang, sedangkan ayahnya bernama Achmad, seniman sekaligus tentara berdarah Arab-Binjai.

Tags: #bunda dorce #dorce gamalama #dorce gamalama meninggal #dorce gamalama meninggal dunia #dorce gamalama sakit #dorce meninggal