Jarang Disorot, Ternyata Ini Alasan Mengerikan Janggalnya Cara Berjalan Putin

SAHABATSHOLEH – Presiden Rusia Vladimir Putin seringkali disorot karena cara berjalannya yang janggal. Setiap kali berjalan ia akan membiarkan tangan kirinya mengayun dan bebas bergerak. Sedangkan tangan kanannya hampir tak pernah bergerak, atau jika bergerak akan sangat kaku.

Hal ini memicu berbagai pertanyaan, lantas mengapa Putin berjalan dengan cara yang ganjil seperti itu?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Medical Journal mengatakan bahwa kejanggalan cara berjalan Putin merupakan hasil dari pelatihan KGB.

Anggota KGB dilatih untuk menyimpan senjata mereka pada lengan kanan di dekat dada dan bergerak maju dengan sisi kirinya. Hal ini dimaksudkan agar si agen dapat menarik senjata secepat mungkin saat berhadapan dengan musuh.

Menyitat The Guardian, Putin diketahui sempat menjabat sebagai letnan kolonel KGB sebelum keruntuhan Uni Soviet.

KGB atau Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti merupakan badan intelijen Uni Soviet yang setara dengan CIA milik Amerika dan Stasi milik Jerman Timur.

Para peneliti saat itu menemukan bahwa tak hanya Putin yang memiliki cara berjalan yang ganjil. Beberapa pejabat tinggi Rusia juga melakukan hal serupa.

Seperti misalnya perdana mentri Dmitry Medvedev; Mantan menteri pertahanan Anatoly Serdyukov; Kepala administrasi kepresidenan Sergei Ivanov; dan komandan distrik militer barat Anatoly Sidarov.

Seperti halnya Putin, Sergei Ivanov juga merupakan mantan perwira KGB yang saat itu ditempatkan di Eropa pada era perang dingin.

Dari sekian banyak daftar nama diatas, Medvedev satu-satunya yang tidak memiliki afiliasi dengan KGB saat itu. Tetapi sejak dipilih sendiri oleh Presiden Putin, Medvedev semakin hari memiliki kemiripan gestur dengan Putin. Dari Bahasa tubuh hingga intonasi ketika ia berpidato.

“Bukti substansial menunjukan bahwa Medvedev sedang dilatih untuk terdengar, terlihat dan berjalan seperti presiden Putin.” Tulis para peneliti dalam studi tersebut.

Baca Juga :   Presiden Rusia K3c4m Pengh1na Nabi Muhammad, Adhie Massardi: Putin Keren, Layak Jadi Contoh Pejabat yang Islamophobia

Dari riset ini kemudian ditegaskan bahwa gaya berjalan Putin yang tampak ganjil ini merupakan hasil dari adaptasi perilaku yang dihasilkan oleh pelatihan militernya.

Tags: #cara jalan #jalan #putin #vladimir putin