Ini Asal Usul Nama Dorce Gamalama, Ternyata Tak Sembarangan Memberikan Nama!

Dorce Gamalama meninggalkan kenangan dan nama besar setelah kepergiannya tadi pagi karena Covid-19. Banyak penggemar serta warganet yang bertanya-tanya, bagaimana asal usul nama Dorce Gamalama?

Pelawak sekaligus presenter ini lahir sebagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Sumatra Barat pada 21 Juli 1967. Setelah masuk ke dunia hiburan, sosoknya lebih dikenal sebagai Dorce ketimbang nama lahirnya, terutama ketika ia bergabung dengan kelompok tari waria Fantastic Dolls.

Dorce sering memosisikan dirinya sebagai seorang wanita meski jati dirinya sebagai pria masih sangat kental. Untuk mendukung totalitas kepribadian dan penampilannya di atas panggung, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama. Lantas, bagaimana asal usul nama Dorce Gamalama?

Asal Usul Nama Dorce Gamalama

Asal usul nama Dorce Gamalama diambil dari nama gunung di Ternate. Gunung Gamalama di Kepulauan Maluku ini membuatnya terinspirasi hingga akhirnya ia sematkan sebagai nama belakang.

Setelah kepulangannya dari ibadah haji, ia menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah. Sosoknya yang keibuan dan dermawan membuatnya kerap dipanggil Bunda Dorce.

Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung seperti Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, hingga akhirnya ia mantap menggunakan nama Dorce Gamalama. Ia mendapat inspirasi untuk nama Gamalama dari suatu perjalanan saat menyanyi di Pulau Ternate bersama Benyamin Sueb, di mana ia melihat Gunung Gamalama.

Di dunia hiburan, ia dikenal sebagai presenter dan membawakan program Dorce Show di Trans TV sejak Januari 2005. Sebagai penyanyi, ia berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) karena meluncuran 9 album sekaligus dalam waktu lima bulan.

Baca Juga :   Dorce Gamalama Dikubur dengan Sepupu, Ini Hukum Jenazah Dimakamkan Satu Liang Lahat Menurut Islam

Setelah muncul di TVRI stasiun daerah Surabaya, ia mulai muncul juga di TVRI pusat Jakarta dan diundang untuk tampil di berbagai kota di Indonesia. Dorce pernah masuk ke dapur rekaman Billboard dengan lagu berjudul “Cintaku Kendur di Jalan”, tapi kurang laku di pasaran.

Dorce mampu bernyanyi dengan macam-macam jenis musik seperti jazz, cha-cha-chá, rock, pop dan dangdut. Ia juga pandai membawakan lagu dalam berbagai bahasa seperti Inggris, China, Belanda, Jerman, Prancis, Arab dan India.

Tags: #asal usul nama dorce gamalama #bunda dorce #dorce gamalama #gunung gamalama