Harus Belajar Ikhlas!, Inilah 4 Ketetapan Hidup yang Tidak Dapat Diubah

SAHABATSHOLEH – ada dasarnya, semua manusia dalam hidupnya memiliki dua macam tardir, yaitu takdir yang bisa diubah dan takdir yang sudah menjadi ketetapan mutlak. Supaya bisa menghadapi takdir yang kedua, memang wajib bisa menerimanya dengan hati ikhlas.

Sebab, ada saja orang yang justru tidak mau menerima hal tersebut. Sehingga, hidupnya pun menjadi penuh tekanan batin. Maka dari itu, ketahuilah beberapa ketetapan hidup yang tidak dapat diubah berikut ini.

1. Terlahir dalam keluargamu saat ini

Ketetapan dalam hidup yang sudah menjadi kewajiban kita menerimanya adalah mengenai di keluarga mana kamu dilahirkan. Hal yang terjadi di dalam keluargamu, maka sekeras apapun kamu mencoba untuk membantahnya, kamu tetap bagian dari keluarga

Kita tidak dapat memilih di keluarga mana kita mau dilahirkan. Maka dari itu, apapun kondisinya, wajib ikhlas dan mensyukuri setiap hal yang sudah kita miliki.

2. Memiliki penyakit turun temurun dalam tubuhmu

Pada dasarnya, pasti tidak ada orang yang mau mempunyai penyakit turun temurun di dalam tubuhnya. Bagaimanapun juga, terkadang penyakit bawaan cukup sulit untuk bisa disembuhkan.

Kalau kamu kemungkinan memiliki penyakit bawaan, pahamilah itu merupakan ketetapan hidup yang tidak bisa dihindari. Sudah sebaiknya untuk belajar ikhlas, daripada harus membenci tubuhmu sendiri karena penyakit itu.

3. Cinta sejatimu yang mungkin berbeda orang

Tentunya setiap orang berharap bisa hidup bersama dengan seseorang yang menjadi belahan jiwanya. Bagaimanapun juga, kalau sudah menjadi ketetapan hidup, maka tidak ada yang mampu untuk menebaknya.

Mungkin saja kamu justru berjodoh dengan seseorang yang sebenarnya bukanlah cinta sejatimu. Nah, hal tersebut termasuk ke dalam ketetapan dalam hidup yang wajib diterima dengan lapang dada. Jika sudah seperti itu, maka perlu bertanggung jawab dan menjaga komitmen dengan siapapun kamu akan berjodoh.

Baca Juga :   7 Indikator Kebahagiaan Dunia Menurut Sahabat Ibnu Abbas

4. Kondisi fisik

Kondisi fisik yang kuat atau lemah tentu tidak bisa kita pilih ketika lahir. Maka dari itu, kondisi fisik menjadi salah satu ketetapan dalam hidup yang wajib menerimanya dengan hati ikhlas.

Semua itu bukan berarti diri kita pasrah, kok. Namun tandanya, kita bisa mengukur kondisi tubuh agar tidak memaksakan diri untuk melakukan sesuatu hal supaya tidak membahayakan kesehatan diri sendiri.

Tags: #belajar ikhlas #bersyukur #ikhlas #ketetapan hidup #ketetapan hidup yang tidak dapat diubah #membenci diri sendiri #takdir