Gus Miftah Panen Hujatan Usai Gelar Wayang Kritik Ustadz Khalid, Warganet: Auto Unfollow!

SAHABATSHOLEH – Pendakwah, Gus Miftah memanen hujatan netizen usai menggelar wayang kulit dengan tujuan mengkritik Khalid Basalamah. Pagelaran wayang yang diadakan kelompok Pengajian Gus Miftah itu diadakan di Pondok Pesantren Ora Aji yang dipimpinnya di Kalasan, Yogyakarta, pada Jumat, 18 Februari 2022.

Pagelaran wayang berjudul Wayang Haram Dalang Ngamuk Wayang Basalamah Dikepruki Dalang bisa ditonton di kanal Youtube Adara NH pada Ahad, 20 Februari 2022 dengan judul AJURRR!! Wayang Basamalah Dimusnahkan Dalang. Khalid Basalamah juga dimunculkan sebagai wayang dengan sosok mirip dia.

“Sigri milir….sang gethek si nogo bajul. Wah, begitu pandai iblis itu menyematkan imamah dan jubah. Dengan warna putih, seakan begitu suci tanpa noda, dengan menghitamkan yang lainnya,” kata Gus Miftah menyindir Khalid Basalamah ketika memberikan sambutan saat pagelaran wayang itu.

“Kamu siapa? Aku tahu jenggotmu panjang tapi belum tua. Wajar tak tahu budaya dan tatakrama,” kata dia melanjutkan sindirannya.

Di wayang itu, dalang terlihat mengamuk terhadap Khalid Basalamah, yang menggunakan kata kasar untuk mengungkapkan kegeramannya. Persoalan Khalid mengemuka setelah dia menjawab pertanyaan jamaahnya mengenai apakah wayang dilarang. Meski tidak menyebut haram, Khalid mengatakan, seharusnya menempatkan Islam sebagai tradisi dan bukan sebaliknya, menjadikan tradisi sebagai Islam.

Pilihan diksi dalang dan sindiran yang dilontarkan Gus Miftah membuat namanya memuncak trending topic di Twitter hari ini. Hampir semua netizen melontarkan hujatan kepada Gus Miftah.

Seleb TikTok bernama Aab Elkarimi mengunggah video untuk mengungkapkan kekecewaannya terhadap Gus Miftah dan jamaahnya. “Gue menikmati wayang sebagai media dakwah. Tapi kalau ada orang berbeda pandangan menyatakan wayang itu haram, lalu yang enggak terima bikin pertunjukan wayang yang menghina orang itu, rasanya ini tindakan yang over, terlalu telanjang dan tidak dewasa,” katanya di video itu.

Baca Juga :   Ustaz Zacky Mirza Berharap Dorce Gamalama Tanggapi Bijak Nasihat Para Ulama

Netizen lain mengunggah video Sujiwo Tejo. “Kalau kita Pancasilais, kalau ada orang pakai celana cingkrang, hargai juga. Karena itu dari penalaran mereka, yang penting mereka tidak memaksa kita. Tapi dimaki-maki di medsos dan dibiarkan pemerintah, ‘masak musik haram,’ ya biarin, yang penting mereka enggak memaksa kita,” kata Sujiwo Tejo yang diunggah pengguna Twitter @Syahida***.

Ada juga tokoh NU Umar Hasibuan Al Chelsea yang ikut berkomentar, “Apa yang dilakukan Miftah ini norak. Mustinya kalau berilmu ajaklah ustad Khalid berdebat. Bukan begini caranya. Miftah cari sensasi saja.”

Di Instagramnya, unggahan Gus Miftah soal pagelaran wayang itu menuai komentar lebih dari 6.300 yang berisi hujatan kepadanya. “Jadi kurang respect lagi sama Gus. Berjuta-juta kebaikan langsung hiang karena satu kesalahan. Seperti itulah manusia. Auto unfollow,” tulis @el.fat***. Hingga sekarang, tak ada tanggapan Gus Miftah setelah mendapatkan hujatan ini.

 

Khalid Basalamah Banjir Dukungan Usai Muncul Tokoh Wayang Mirip Dirinya: Semoga Ustadz Dilindungi Allah

Merespon ucapan kotroversial Ustaz Khalid Basalamah terkait wayang haram, Gus Miftah mengadakan pagelaran wayang dengan Dalang Ki Warseno di Pondok Pesantren Ora Aji, pada Jumat, 18 Februari 2022 lalu.

Sebelumnya Ustaz Khalid Basalamah disebut meminta agar wayang dimusnahkan karena dianggap haram dan tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Ucapan Ustaz Khalid Basalamah tersebut menimbulkan pro kontra, baik dari kalangan budayawan, masyarakat luas, maupun pemuka agama. Salah satu yang memberi kritik paling keras adalah Gus Miftah.

Gus Miftah kemudian mengadakan pagelaran wayang bertajuk Pagelaran Wayang Kulit Dalang Menggugat.

Pagelaran wayang tersebut dilaksanakan dalam lakon Begawan Lomana Warseno yang dibawakan oleh Dalang Ki Warseno.

Baca Juga :   Ustaz Khalid Basalamah Dituding Haramkan Pajak, Ayo Cek Isi Ceramahnya!

Wayang mirip Ustaz Khalid Basalamah muncul

Yang menarik dari pagelaran tersebut adalah munculnya tokoh wayang yang menyerupai wajah Khalid Basalamah, lengkap dengan jenggot dan penutup kepala. Wayang tersebut juga mengenakan baju jubah panjang persis seperti pakaian Ustaz Khalid.

Dilansir dari video YouTube yang diunggah channel Gedang Mas, pada Minggu, 20 Februari 2022, ditampilkan wayang mirip Khalid berhadapan dengan tokoh wayang lain, seperti Arjuna, Gatot Kaca, dan juga Hanoman.

Sontak penonton langsung tertawa melihat wayang mirip wajah Ustadz Khalid tersebut tampil dipanggung dengan gaya parodi.

“Dimusnahkan,” ucap Dalang Ki Warseno ketika wayang mirip Ustaz Khalid memulai pertunjukan. Dialog tersebut sontak disambut tawa oleh para penonton.

Pada dialog lain, ada juga perkataan yang membuat gelak tawa para penonton pecah.

“Mau ke Sarkem, Mas?” tanya salah satu tokoh wayang.

“Innalillahi,” jawab wayang mirip Ustaz Khalid, sambil terjatuh. Sarkem di sini merujuk pada salah satu tempat prostitusi di Yogyakarta.

Ada juga dialog dengan tokoh wayang Gatot Kaca, yang memperlihatkan wayang mirip Khalid tidak mengenalinya.

“Saya tidak tahu Gatot Kaca itu apa? Makanan apa?” tanyanya.

“Makanan ndasmu,” ucap tokoh wayang Gatot Kaca, yang diparodikan oleh Dalang Ki Warseno;

Wayang mirip Ustaz khalid tersebut beberapa kali dibuat berhadapan dengan beberapa karakter wayang, termasuk salah satunya karakter wayang perempuan.

Dalang Ki Warseno membuat cerita bahwa wayang mirip Ustaz Khalid tersebut merayu karakter wayang perempuan, yang diakhiri dengan adegan pelukan.

“Insha Allah tidak jadi saya musnahkan, asal kita ijab kobul,” ucap wayang mirip Ustaz Khalid sambil memeluk karakter wayang perempuan.

Di bagian akhir, wayang mirip Ustaz Khalid Basalamah berhadapan dan berbedat dengan tokoh wayang Baladewa. Wayang Baladewa kemudian menghancurkan wayang mirip Ustaz Khalid tersebut mengakhiri peredatan.

Baca Juga :   Gaya Hijab Syari Nagita Slavina saat Kajian Ustadz Khalid Basalamah Tuai Pujian: Masya Allah Cantik Banget

Gus Miftah memang kerap memberikan sindiran kepada Ustaz Khalid lewat postingan di Instagram pribadinya.

Dalam Pagelaran Wayang Kulit Dalang Menggugat tersebut, Gus Miftah membacakan puisnya berisi sindiran.

“Kamu siapa? Aku tahu jenggotmu panjang tapi belum tua, wajar tak tahu budaya dan tatakrama,” tulis Gus Miftah.

Ustaz Khalid Basalamah banjir dukungan

Tayangan YouTube Gedang Mas tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 41.000 kali dan mendapat 1.600 lebih komentar.

Alih – alih terhibur, warganet justru memberikan pembelaan kepada Ustaz Khalid Basalamah.

“Semoga Allah melindungi ustadz Khalid dari fitnah dunia dan fitnah kubur,” tulis akun Aldiansyah Fahrozi.

“Subhanallah, semoga ustadz Khalid panjang umur dan selalu dilindungi Allah,” sahut salah satu netizen.

“Allah pasti menunjukkan kebenaran kepada orang orang yang berpikir. Semoga Allah merahmati Ustaz Khalid Basalamah,” komentar salah satu warganet, dikutip Hops.ID dari YouTube gedang mas.

Mayoritas penonton dalam tayang video tersebut memberikan dukungan kepada Ustaz Khalid Basalam dan mendoakannya.

Tags: #gus miftah #khalid basalamah #sujiwo tejo #ustadz khalid basalamah #wayang