Elon Musk Jamin Robot Tesla Tidak Menjadi Bencana Terminator

114 views

Elon Musk mengungkapkan Tesla segera mewujudkan robot hidup pertama di dunia yang menerapkan teknologi artificial general intelligence (AGI). Kemampuan ini merujuk pada kecerdasan buatan yang melampaui kecerdasan manusia.

Dalam tweet baru-baru ini, Elon Musk mengklaim bahwa robot humanoid yang dibuat perusahaan mobil miliknya, Optimus, akan memainkan peran dalam mewujudkan kecerdasan umum buatan (artificial general intelligence /AGI).

Dia menjamin robot ini tidak akan menjadi bencana seperti robot Terminator.

“Tesla AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan) mungkin berperan dalam AGI. Terutama dengan munculnya Optimus,” tweet Musk dikutip SINDOnews dari laman future, Kamis (20/1/2022).

Departemen penelitian dan pengembangan AI Tesla, yang ditugaskan untuk membuat mobil self-driving perusahaan lebih pintar, segera mewujudkan AI pada robot yang hidup.

Seperti yang dikatakan Elon Musk, AI mobil ini akan menggabungkan informasi dan data dari sekitarnya secara real-time, dan menjadi lebih pintar setelah robot Optimus diluncurkan.

Memang untuk merealisasi AGI (artificial general intelligence ) mungkin masih membutuhkan waktu bertahun-tahun. Dibutuhkan banyak ahli untuk membidani kemajuan terbaru dalam robot otonom dan pembelajaran mesin yang digunakan.

Sementara itu, mantan eksekutif Google Mo Gawdat, tahun lalu memperingatkan bahwa bencana robot haus darah seperti Skynet dari seri “The Terminator” tidak dapat dihindari.

Apalagi pengembangan AGI datang dari orang yang berambisi membuat manusia menjadi spesies multiplanet. Meskipun kritik itu terdengar seperti nada sentimen atas ambisi Elon Musk yang sangat yakin bahwa robot hidup akan tetap terwujud.

Untuk itu, Elon Musk menegaskan bahwa Tesla akan melakukan yang terbaik untuk mengendalikannya robot yang memiliki kemampuan AGI.

“Kontrol desentralisasi robot akan sangat penting,” kata Elon Musk memberikan jaminan.

Meskipun dia sendiri belum bisa menjelaskan seperti apa detail kontrol desentralisasi itu.

 

sumber: bit.ly/3FK98Rm

Tags: #agi #artificial general intelligence #elon musk #robot artificial intelligence #tesla