5 Objek Wisata di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi

93 views

Selama ini Kalimantan Barat tidak banyak diperhitungkan sebagai destinasi wisata bagi para pelancong. Padahal jika kita tahu, ada banyak tempat epik tersembunyi di sana, khususnya objek wisata alamnya.

Daerah yang dikenal dengan sebutan Seribu Sungai ini secara geografis memiliki ratusan sungai yang mengelilingi Kalbar, tak heran jika salah satu wisata andalannya adalah sungai itu sendiri.

Provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia ini sebenarnya tak hanya terkenal dengan keindahan sungainya saja lho. Landscape bukit dan juga pantainya pun patut dikunjungi.

Nah, jika masih belum tahu objek wisata Kalimantan Barat yuk langsung kita kepoin 5 destinasi Kalbar yang paling populer berikut ini.

1. Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan Taman Nasional yang melindungi berbagai keanekaragam hayati. Danau tersebut terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Untuk dapat sampai ke Danau Sentarum, kita akan diajak berpetualangan seru karena jaraknya yang tidak biasa dari Pontianak.

Mengapa Danau Sentarum ini wajib dikunjungi? Sebab danau tersebut unik, jika musim hujan tiba akan tergenang air sedalam 6-14 meter. Sedangkan saat musim kemarau setidaknya 80% wilayah danau akan mengering.

Berkunjung ke Danau Sentarum, kamu akan menemukan satu bukit yang tak kalah indah untuk ditilik. Adalah Bukit Tekenang.

Dari Bukit Tekenang, wisatawan dengan mudah bisa menikmati panorama lanskap Danau Sentarum.

Puas memandang danau, kita bisa memanen madu lebah hutan yang dikelola langsung oleh masyarakat suku Dayak. Setelah itu jangan lupa untuk menyusuri Sungai Kapuas dengan rute Sintang – Semitau – Danau Sentarum.

Kamu bisa menyusuri Sungai Kapuas dengan menggunakan speedboat dengan menempuh waktu selama 4 jam perjalanan.

2. Pulau Lemukutan

Baca Juga :   5 Tempat Wisata yang Nyaman Diakses Rental Mobil Bandung

Pulau Lemukutan merupakan satu objek wisata alam di sekitar Pontianak, Kalimantan Barat yang jadi idola. Betapa tidak, di sana kita bisa menemukan banyak pantai cantik yang biasa digunakan untuk snorkeling.

Sekali menginjakkan kaki, kamu tidak akan bisa lepas dari pesonanya. Terutama saat mulai menikmati keindahan bahari bawah lautnya.

Keindahan dasar lautnyalah yang sukses menarik wisatawan datang ke tempat ini.

Sayang, kurangnya informasi tentang lokasi Pulau Lemukutan membuat tempat tersebut tak banyak didatangi traveler seperti halnya pulau-pulau lain di Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali.

3. Pantai Batu Nenek

Sekilas melihat bentuknya mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi yang ada di Pulau Belitung.

Namun Pantai Batu Nenek ini bukanlah di Belitung, pantai tersebut berada di ekor Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Mengunjungi Pantai Batu Nenek kamu bisa menilik pantai terbaik yang ada di Kalimantan Barat yang dikenal juga dengan nama Teluk Atong Bahari.

Seperti halnya di Pulau Lemukutan, di sini kamu pun bisa snorkeling saat air laut sedang surut.

Selaian snorkeling kamu pun bisa menikmati keindahan sunset yang jadi favorit banyak wisatawan.

4. Riam Kuweg

Adalah air terjun yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyinya Kalimantan Barat.

Air terjun yang berada di Dusun Biang, Desa Bengkawan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Kebngkayang, Kalbar ini mulai naik daun setelah viral di Instagram.

Ait terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter tersebut bisa dijangkau dari Kota Pontianak dengan menempuh perjalanan selama 6 jam.

Kamu wajib datang ke Riam Kuweg karena tempat tersebut masih perawan, alias belum banyak didatangi wisatawan. Walau begitu keindahannya begitu elok dan cocok kamu pajang di feed Instagrammu.

Baca Juga :   Menjelajahi 7 Lembah Terindah di Indonesia

5. Bukit Jamur

Bukit Jamur merupakasn objek wisata di Kalimantan Barat yang namanya cukup terkenal di kalangan wisatawan. Terletak di Desa Belangko, Kabupaten Bengkayang, bukit ini memiliki gaung yang menjamur ke seluruh penjuru.

Indahanya hamparan batu yang berderet kerap menjadi latar swafoto bagi pengunjung. Jika di Jawa ada Mahameru, maka Bukit Jamur ini bisa juga disebut Mahamerunya Kalimantan Barat.

Sebab dari sanalah kita bisa melihat keindahan negeri di atas awan layaknya di puncak Semeru.

Bukit Jamur ini juga dikenal dengan nama Gunung Batu karena saking banyaknya tumpukan batu yang berjajar.

Jika berminat melihat keindahan awan saat matahari mulai terbit, maka kamu bisa bermalam di sana dengan membawa tenda.

Tags: #destinasi wisata #kalimantan barat #tempat wisata #wisata