5 Destinasi Wisata Unik yang Cuma Bisa Dijumpai di Indonesia

84 views

Jika membahas tentang keindahan di Indonesia, maka memang tidak ada habisnya. Ada banyak spot cantik untuk menghabiskan waktu liburan yang dijamin akan buat kamu betah. Hal ini pun yang mengundang banyak asing datang untuk menikmati keindahan alam Indonesia, seperti pantai dan gunung.

Destinasi wisata di Indonesia menyimpan keunikan alam masing-masing yang rasanya sayang untuk tidak dikunjungi secara langsung. Menikmati berbagai tempat wisata unik dan menarik, serta anti-mainstream akan membuat kamu mendapat pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.
Apalagi tempat-tempat wisata yang dikunjungi hanya ada di Indonesia, baik itu alam maupun budaya setempat yang unik, tentunya akan membuatmu bangga serta takjub. Oleh karena itu, yuk, ketahui lebih lanjut soal destinasi wisata unik yang hanya ada di Indonesia.

1. Danau Ubur-ubur, Pulau Kakaban

Terletak di dan merupakan bagian dari Kepulauan Derawan, Pulau Kakaban menyuguhkan pemandangan bawah air yang sangat menakjubkan karena dipenuhi berbagai macam spesies ubur-ubur cantik. Pulau ini menjadi spot favorit para pelancong untuk snorkeling.

Untuk kamu yang hobi snorkeling, di Pulau Kakaban kamu pasti akan merasakan sensasi berenang yang berbeda dari biasanya, karena akan dikelilingi ribuan ubur-ubur yang hidup di Danau Kakaban.
Danau ini merupakan habitat ribuan ubur-ubur mini yang tidak menyengat. Tepatnya terdapat empat spesies ubur-ubur, yaitu ubur-ubur bulan Aurelia aurita, ubur-ubur totol Mastigias cf Papua, ubur-ubur kotak Tripedalia cystophora, dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata.

Mereka diduga terjebak ribuan tahun silam hingga akhirnya hidup tenang di pulau tersebut. Ubur-ubur itu tidak memiliki sengatan yang membahayakan manusia, lantaran sudah terlalu lama terperangkap di danau tersebut. Konon, kemampuan sengat ubur-ubur tersebut memudar seiring waktu, karena tidak adanya hewan predator yang mengancam mereka.

Baca Juga :   5 Objek Wisata di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi

Jenis ubur-ubur terbanyak yang hidup di sana ialah ubur-ubur totol yang memiliki warna bening dengan kombinasi kuning kecokelatan. Pelancong langsung bisa menemukan mereka saat masuk ke dalam air beberapa meter saja.

2. Danau tiga warna, Kelimutu, Flores

Siapa yang tidak tahu Danau Kelimutu? Terkenal karena ‘keajaibannya’ sebagai danau tiga warna hingga menjadi ikon dalam uang pecahan Rp 5.000, membuat danau ini amat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih.
Namun, warna ketiga danau itu dapat berubah-ubah dalam jangka waktu tertentu. Menurut peneliti, penyebab perubahan secara acak warna Danau Kelimutu disebabkan oleh adanya proses geokimia di dasar danau yang menghasilkan kandungan zat kimia tertentu di dalam air.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna-warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal.
Sedangkan, danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan atau tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.

3. Pulau Komodo, NTT

Kepulauan yang berada di belahan timur Indonesia ini menawarkan sejuta pesona keindahan alam yang mampu memuaskan mata. Salah satunya adalah Taman Nasional Komodo (TNK) yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1986.

Baca Juga :   Desa Wisata yang Bisa Dikunjungi, Suasananya Sejuk dan Menyenangkan

Penetapan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia tentu bukan tanpa alasan. Hal itu lantaran keberadaan hewan komodo hanya bisa ditemui di tempat ini. Pulau Komodo merupakan habitat asli kadal purba yang masih hidup dengan ukurannya yang mencapai 2 hingga 3 meter.
Komodo merupakan hewan endemik yang hanya ditemukan di kawasan Taman Nasional Komodo yang ada di Indonesia, lho. Pulau Komodo yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia pada 2013 ini tercatat memiliki populasi komodo sebanyak 2.897 ekor hingga 2018. Selain masuk dalam tujuh keajaiban dunia, Pulau Komodo hanya ada satu di dunia, yaitu di Indonesia.

Habitat hewan komodo memiliki panorama alam yang indah. Kamu bisa melihat potret alam yang mampu manjakan mata seperti savana, hutan hujan, pantai berpasir putih, karang yang indah dan laut lepas dengan air berwarna biru kristal. Di area ini kamu juga bisa menemukan hewan lain, seperti kuda, kerbau liar, rusa, babi hutan, ular, monyet dan berbagai jenis burung.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan kehidupan komodo yang menakjubkan, saat berkunjung ke TNK wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa pulau yang termasuk ke dalam kawasan TNK. Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Padar adalah tiga pulau utama yang bisa kamu sambangi saat berkunjung ke sana.

4. Kawah Ijen, Banyuwangi

Banyak objek wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan kawah, tapi tidak ada yang seistimewa di Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan pesona Kawah Ijen sering masuk dalam daftar gunung paling indah di dunia.
Di sana ada sebuah fenomena cahaya biru atau blue fire yang bisa dilihat wisatawan menjelang dini hari. Fenomena ini dijamin akan membuat siapa saja yang melihatnya terpukau.

Baca Juga :   Adakah Self Healing dalam Islam?

Fenomena blue fire yang sangat menawan tersebut hanya ada dua di dunia. Fenomena inilah yang mengangkat nama Kawah Ijen menjadi begitu terkenal, bahkan hingga ke mancanegara.
Api biru ini muncul dari belerang pada saat hari sudah gelap. Kamu tidak bisa melihat fenomena ini selain di Kawah Ijen dan di Islandia.
Wisata Kawah Ijen Banyuwangi wajib dikunjungi dengan segala keindahan yang ditawarkannya. Gunung yang memiliki ketinggian 2.386 mdpl ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi. Pemandangan yang indah dan unik dapat menyegarkan pikiran.

5. Pulau Samosir di tengah Danau Toba

Saat berwisata ke Danau Toba, rasanya kurang afdal jika tidak berkunjung ke Pulau Samosir. Pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba itu tak hanya menawarkan keindahannya saja, tapi juga beragam kebudayaan yang eksotis.

Pulau Samosir adalah pulau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba sekitar 73.000–75.000 tahun yang lalu. Keunikan dari pulau ini adalah letaknya yang ada di tengah sebuah danau, yaitu Danau Toba yang berada di Sumatera Utara.
Danau yang mempunyai pulau di tengahnya seperti ini hanya ada di Indonesia, lho. Selain letaknya yang unik, wisata alam dan budaya di pulau ini sangat menarik. Budaya Batak asli dapat kamu temui di sini sambil menikmati pemandangan perbukitan nan cantik yang mengelilingi pulau.

Tags: #banyuwangi #danau toba #destinasi wisata #kawah ijen #pulau komodo #tempat wisata