5 Destinasi Wisata Balon Udara di Indonesia ala Cappadocia

109 views

Nama Cappadocia mendadak jadi buah bibir berkat serial Layangan Putus. Dalam serial tersebut disebutkan bahwa Cappadocia merupakan tempat impian yang ingin disambangi oleh Kinan.

Cappadocia merupakan salah satu destinasi wisata di Turki untuk merasakan sensasi naik balon udara sembari melihat pemandangan. Kalau ke Turki, tempat ini selalu dipenuhi warna-warni balon udara yang indah.

Namun, kamu dan Kinan gak perlu ke Cappadocia kalau ingin mencoba wisata balon udara. Kini ada destinasi wisata balon udara di Indonesia ala Cappadocia yang bisa kamu coba datangi.

1. Balon Udara Tanah Gajah, Bali

Terletak di resor bintang lima bernama Tanah Gajah, kamu berkesempatan befroto cantik di atas balon udara, lho. Pengunjung diberi kesempatan memilih untuk terbang di pagi atau sore hari.

Pada setiap sesinya, pengunjung akan terbang selama 7-10 menit dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Tenang saja, untuk menikmati wahana balon udara di Tanah Gajah Ubud kamu tak harus menghabiskan malam di tempat ini, kok.

Destinasi wisata balon udara ini terbuka untuk umum. Satu balon udara hanya boleh dinaiki oleh maksimal dua orang saja.

Lokasi: Jalan Goa Gajah, Tengkulak Kaja, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Jam operasional: setiap hari pukul 06.30-17.30 WITA

Harga: Rp1,2-2,1 juta untuk dua orang

2. Balon Udara Sari Ater, Jawa Barat

Begitu mendengar nama Subang, pikiranmu langsung tertuju pada kawasan air panas Ciater. Namun, Subang ternyata diam-diam menyimpan wisata balon udara ala Cappadocia juga, lho.

Destinasi wisata balon udara ini terletak di kawasan Sari Ater Resort. Kamu akan diajak menaiki balon udara di ketinggian kurang lebih sekitar 40 meter selama 15 menit. Kamu tak akan menyesal karena pemandangannya berupa pegunungan dan perbukitan hijau asri.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata yang Nyaman Diakses Rental Mobil Bandung

Antusias masyarakat yang ingin merasakan sensasi naik balon udara layaknya di Cappadocia membuatnya sangat ramai. Kamu diharapkan melakukan reservasi terlebih dulu melalui kontak resmi yang tertera pada akun Instagram mereka, @sariaterhotelresort.

Lokasi: Jalan Sari Ater, Palasari, Kabupaten Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-20.30 WIB

Harga: Rp650 ribu per orang

3. Balon Udara The Lodge Maribaya, Jawa Barat

Buat kamu yang ingin naik balon udara, tapi takut berada di ketinggian, bisa banget mencoba balon udara ala Cappadocia di Bandung. Destinasi wisata balon udara yang lebih tepatnya terletak di The Lodge Maribaya ini hanya menggantung di ketinggian 6 meter dan tak mengudara.

Perihal keamanannya, kamu tak perlu meragukannya lagi. Ada bangunan yang terbuat dari baja untuk menahannya. Kamu bisa berfoto sepuasnya di sini, lho.

Lokasi: Jalan Maribaya Nomor 149/252, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: Rp20 ribu, khusus balon udara

4. Balon Udara Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Naik jeep atau kuda di Bromo tentu sudah biasa. Tapi, bagaimana dengan naik balon udara layaknya kamu sedang berada di Cappadocia? Tentu, bisa juga!

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kini disediakan destinasi baru khusus buat kamu yang ingin terbang melihat sisi lain dari Bromo. Ada kurang lebih dua balon udara, yakni untuk penerbangan statik dan ada pula balon udara cold inflation atau balon udara yang tak bisa terbang.

Khusus balon udara cold inflation, balon ini terus mengembang sepanjang hari sehingga kamu bisa dengan bebas mengambil foto kapan saja. Sedangkan penerbangan balon udara statis, kamu akan diajak melayang di ketinggian 50 meter untuk menyaksikan Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

Baca Juga :   Menjelajahi 7 Lembah Terindah di Indonesia

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Jam operasional:

setiap hari pukul 06.00-21.00 WIB
setiap hari pukul 14.00-17.00 WIB khusus penerbangan statis
Harga:

cold inflation: mulai Rp250 ribu
penerbangan balon udara statis: mulai Rp815 ribu

5. Balon Udara Bukit Teletubbies, Jawa Timur

Destinasi wisata balon udara ala Cappadocia yang ada di Bukit Teletubbies, Blitar, ini cocok buat kamu yang punya fobia ketinggian. Balon udara di sini tidak akan terbang dan beranjak ke mana pun, melainkan hanya sebatas spot foto.

Namun, tenang saja, pemandangan yang disuguhkan tak kalah eksotis dari Cappadocia. Meski tak mengudara, kamu tetap bisa mengabadikan momen spesialmu di Bukit Teletubbies dengan lanskap perbukitan hijau.

Lokasi: Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp3 ribu per orang

Gak disangka, ternyata Indonesia punya banyak wisata balon udara yang tak kalah menariknya dari Cappadocia di Turki. Tunggu apalagi, segera agendakan liburanmu menaiki salah satu balon udara itu mulai dari sekarang, yuk!

Tags: #balon udara #wisata #wisata balon udara #wisata dalam negeri #wisata indonesia