5 Desa Adat Tradisional Indonesia yang Mendunia, Bikin Takjub!

90 views

Selain keberagaman budaya, Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam yang tak ada habisnya.

Hal itu terbukti dari aneka ragam desa adat tradisional yang ada di sejumlah wilayah Indonesia.

Kampung adat ini punya keistimewaan yang mampu membuat siapa saja tertarik untuk datang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Buat kamu yang akan berlibur dalam waktu dekat, beberapa desa adat ini bisa menjadi destinasi unik untuk berwisata budaya.

Desa Adat Tradisional Indonesia yang Mendunia

Dirangkum Indozone, inilah beberapa desa adat tradisional Indonesia yang telah dikenal luas dan mendunia:

1. Desa Adat Ke’te Kesu (Tana Toraja)

Desa adat pertama ada di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan yaitu desa Ke’te Kesu. Konon, desa ini sering dijadikan tempat ritual suku Tana Toraja.

Di desa ini, kamu akan melihat rumah-rumah warga dengan ciri khas atap berbentuk perahu atau disebut Tongkonan.

Setiap rumah, tepatnya di bagian depannya ada sebuah rumah kecil sebagai tempat penyimpanan hasil tani dan ladang.

2. Desa Adat Wae Rebo (Nusa Tenggara Timur)

Desa Adat Wae Rebo berada di Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai di sini, perjalanan yang harus kamu tempuh cukup jauh dari kota.

Tapi, perjalanan jauh itu bakal terbayar dengan indahnya pemandangan desa Wae Rebo yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Maka tak heran, desa ini menjadi idaman para turis dari berbagai negara. Belum lagi, warga di desa Wae Rebo dikenal sangat ramah.

3. Desa Adat Praijing (Sumba Barat)

Sudah bukan rahasia lagi kalau pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi desa wisata primadona bagi para pelancong.

Kalau kamu berkunjung ke Sumba, sempatkan pergi ke desa adat Praijing. Di sini, terkenal dengan arsitektur rumah adat Uma Bokulu.

Ciri khas rumah adat tersebut dilihat dari atap rumbia. Bagi masyarakat setempat, Uma Bokulu mencerminkan makna mendalam.

4. Desa Adat Tenganan (Bali)

Tak ketinggalan, desa adat Tenganan di Bali wajib pula kamu sambangi. Desa budaya ini dikenal sebagai satu-satunya desa penghasil kain tenun dengan teknik dobel ikat.

Untuk menghasilkan satu kain tenun saja, butuh waktu dua sampai lima tahun. Hasil tenun dari desa Tenganan ini dinamakan kain gringsing.

5. Desa Adat Nagari Pariangan (Sumatera Barat)

Kampung adat Nagari Pariangan di Sumatera Barat pernah masuk dalam 16 besar Most Picturesque Villages versi majalah Travel Budget Amerika Serikat.

Konon, dari desa inilah asal muasal masyarakat Minangkabau. Pastinya, kamu akan menemukan beberapa rumah gadang khas Minang di sini.

Ada pula satu bangunan terkenal di desa Nagari Pariangan yang arsitekturnya sama sekali tidak seperti rumah gadang yaitu Masjid Ishlah.

Dengan mengadopsi gaya arsitektur Tibet, Masjid Ishlah merupakan salah satu bangunan tertua di desa Nagari Pariangan.

Tags: #desa adat #desa adat mendunia #kampung adat