Yahya Waloni Langsung M3l4wan Usai Dirawat

405 views

Usai dikabarkan menjalani perawatan medis, Yahya Waloni langsung melakukan perl4wanan hukum dengan melayangkan gugatan praperadilan.

Tersangka kasus dugaan ujaran keb3nc1an dan pen1staan agama itu resmi mendaftarkan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (6/9).

Gugatan itu dilayangkan penceramah kontroversial itu melalui kuasa hukumnya. Yahya Waloni menilai, penetapan tersangka oleh penydik Bareskrim atas dirinya itu cacat hukum atau tidak sesuai prosedur.

Kuasa hukum Yahya Waloni, Abdullah Alkatiri kepada wartawan menyebut, alasan gugatan praperadilan itu berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 21/PUU-XII/2014.

“Yang pada pokoknya menyatakan bahwa lembaga praperadilan berwewenang untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka,” kata Abdullah Alkatiri, Selasa (7/9/2021).

Pihaknya menyatakan, ada kekeliruan yang dilakukan penyidik Bareskrim dalam penetapan tersangka dan penahanan terhadap kliennya.

Alasannya, bahwa penyidik sama sekali belum pernah melakukan pemeriksaan terhadap Yahya sebelum penetapan status tersangka. Sebab, kliennya ditetapkan tersangka bukan dalam kasus k3j4hatan luar biasa.

“Penangkapan yang tidak sesuai due process of law dapat dibenarkan pada kejahatan yang luar biasa seperti t3r0risme, n4rk0ba, human tr4ffick1ng ataupun k3jah4tan yang tertangkap tangan,” jelasnya.

Sebelumnya, Yahya Waloni berencana mengajukan penangguhan penahanan saat masih menjalani perawatan medis di Polri Kramat Jati pekan lalu setelah mengalami pembengkakan jantung.

Untuk diketahui, Yahya Waloni ditangkap di rumahnya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur pada Kamis (26/8) kemarin. Dia ditangkap atas laporan dari salah satu komunitas soal dugaan pen1staan agama terhadap Injil.

Laporan tersebut tertuang dalam Laporan Polisi (LP) Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM. Yahya Waloni dilaporkan dengan dugaan k3b3ncian atau permvsvhan individu dan/atau antar golongan (SARA) pada Selasa (27/4).

Dalam kasus ini, Yahya dilaporkan bersama pemilik akun YouTube Tri Datu. Dalam video ceramah itu, Yahya Waloni menyampaikan bahwa Bible tak hanya fiktif, tapi juga palsu. Saat ini Ustaz Yahya sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus p3n0daan agama.[fajar]

Tags: #Yahya Waloni Langsung Melawan Usai Dirawat