Waspadalah Karena Masa Muda Kitapun Akan Dimintai Pertanggungjawaban

 

JAKARTA – Masa muda masa mencari jati diri dan ingin eksis serta diakui, masa mencari-cari perhatian dunia, itulah pemuda. Semua potensi ada di pemuda, mulai dari semangat, waktu luang dan tenaga

Akan tetapi jika tidak diarahkan, maka pemuda bisa rusak karena salah satu penyebab kerusakan pemuda adalah tidak ada kegiatan positif dan banyak waktu luang terbuang.

Ustaz dr Raenul Bahraen dalam akun instagramnya dikutip pada Rabu (24/2/2021) menyebutkan dengan gairah pemuda dan ingin eksis serta perhatian, maka waktu kosong tersebut diisi dengan kegiatan negatif atau minimal sia-sia misalnya saja nongkrong tidak jelas dan akhirnya menganggu atau kebut-kebutan di jalan.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata:

“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil.”

Jadi, kata dia, inilah kaidah kehidupan, bahwa jika tidak mengisi kehidupan dengan kegiatan positif, maka pasti diisi dengan kegiatan yang negatif atau minimal sia-sia dan kurang bermanfaat. Apalagi bagi seorang pemuda yang jiwanya masih bergelora.

“Dalam suatu hadis tidak akan bergeser kaki hamba sampai ditanya 4 hal, yaitu umur, masa muda, harta dan ilmu,” katanya.

Padahal masa muda adalah bagian dari umur, tetapi ditanya lagi artinya masa muda sangat penting dan kelak akan dipertanggung jawabkan. (m.okzn)

Tags: #Waspadalah Karena Masa Muda Kitapun Akan Dimintai Pertanggungjawaban