Waspada! Amalan Sebesar Gunung Bisa Hancur Akibat Maksiat Ini

116 views

Banyak kaum Muslimin yang berlomba-lomba dalam beramal salih. Bukan tanpa alasan, tentu hal ini dilakukan sebagai bekal untuk di akhirat nanti. Namun, tahukah Anda bahwa ada satu maksiat yang dapat menghancurkan amalan meski sudah sebesar gunung?

Dikutip dari akun Facebook Hayati, Jumat (5/11/2021), amalan sebesar gunung bisa hancur akibat maksiat di saat sepi. Misalnya, menonton film porno, melihat gambar-gambar yang tidak senonoh, membaca artikel yang bisa mengundang syahwat, dan lain sebagainya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah menyampaikan kepada sahabat tentang kaum yang tampak alim ketika berkumpul, namun zalim pada diri sendiri tatkala sendirian dan sepi. Kaum ini muncul pada akhir zaman, menjelang hari kiamat.

Mereka melakukan maksiat yang dianggap sepele, namun faktanya hal tersebut justru menghancurkan pahala dari amalan-amalan yang sudah mereka lakukan. Bahkan, amalan yang sudah setinggi Gunung Tihamah pun tetap akan musnah.

Dari riwayat sahabat Tsauban Radhiallahu ‘anhu di mana Rasulullah Shallallahu ’alaihi wassallam pernah bersabda:

“Sungguh aku mengetahui suatu kaum dari umatku datang pada hari kiamat dengan banyak kebaikan semisal Gunung Tihamah. Namun Allah menjadikan kebaikan tersebut menjadi debu yang bertebaran.” Tsauban berkata, “Wahai Rasulullah, coba sebutkan sifat-sifat mereka pada kami supaya kami tidak menjadi seperti mereka sedangkan kami tidak mengetahuinya.”

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam lalu menjawab, “Adapun mereka adalah saudara kalian. Kulit mereka sama dengan kulit kalian. Mereka menghidupkan malam (dengan ibadah) seperti kalian. Akan tetapi mereka adalah kaum yang jika bersepian mereka merobek tirai untuk bisa bermaksiat pada Allah.” (HR Ibnu Majah Nomor 4245)

Tidak hanya tindakan, bermaksiat dengan pikiran-pikiran yang melanggar aturan pun juga mampu memusnahkan pahala. Meski sesama manusia tidak mengetahuinya, namun Allah Subhanahu wa ta’ala Maha Mengetahui dan senantiasa mengawasi kita. Sebagaimana berfirman Allah Ta’ala:

“Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridhai. Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS An-Nisa’: 108)

Orang-orang seperti inilah yang pahalanya akan dihapuskan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala meskipun mereka sudah melakukan banyak amal kebaikan, yakni bermaksiat ketika sepi. Di depan orang dia terlihat alim dan salih, akan tetapi di kala sendiri dia justru bermaksiat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, berdoalah kepada Allah agar dijauhkan dari hal-hal demikian.

Wallahu a’lam bishawab.[mokzn]

Tags: #Amal Salih #Bahaya Maksiat #dosa #maksiat