Wanita Baik Hati Tapi Tidak Berhijab, Ini Tanggapan Ustadz Abdul Somad

Pemuka agama Ustadz Abdul Somad (UAS) sempat mendapat pertanyaan tentang wanita tidak berhijab tapi punya hati yang baik. Bagaimana tanggapan dan penjelasannya?

Akhir-akhir ini kita sering menjumpai kalimat bahwa tidak ada masalah jika tidak memakai hijab atau berhijab dengan syar’i dan yang paling terpenting memiliki hati yang baik.

Melalui sebuah video yang diunggah di YouTube Channel miliknya, Ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan tentang wanita tidak berhijab tapi punya hati yang baik.

UAS menjelaskan, “Ada pepatah mengatakan ‘kalau anak kencing berdiri maka cucunya kencing marathon’. Sekarang emaknya begini (tak pakai jilbab) nanti anaknya tak pakai celana, pas ditanya anaknya kok ngga pakai celana dia bakal jawab yang penting hatinya baik”.

Menggunakan hijab hukumnya wajib dan Allah SWT juga akan melihat dari kebaikan hati dan amalan seseorang. Hal ini telah tercantum dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk-bentuk kalian dan tidak pula harta-harta kalian akan tetapi Dia melihat kepada hati-hati dan amalan-amalan kalian.” (HR. Muslim).

Perintah Menutup Aurat

Setiap umat muslim wajib untuk menutup aurat, baik laki-laki maupun perempuan. Laki-laki memiliki batas aurat yang dimulai dari pusat hingga lutut. Sedangkan setiap perempuan tentu memiliki kewajiban untuk menutup aurat dari ujung kepala hingga kaki. Oleh karena itu, bagi perempuan juga wajib untuk menggunakan hijab pada kepalanya untuk menutup rambut dan leher.

Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), aurat pada seorang perempuan ketika berhadapan saat sholat adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangannya. Sedangkan saat berhadapan dengan bukan mahram memiliki batasan aurat adalah seluruh tubuh kecuali wajah, telapak tangan dan kedua telapak kaki.

Perintah untuk menggunakan hijab telah disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Oleh karena itu, setiap perempuan wajib untuk menutup aurat dan juga menggunakan hijab sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran dan juga Rasulullah SAW yang ada pada hadist. Sekian, penjelasan dan tanggapan dari Ustadz Abdul Somad tentang wanita tidak berhijab tapi punya hati yang baik.[suara]

Tags: #baik hati #baik hati tapi tidak berhijab #berhijab #uas #ustadz abdul somad