Wajib Tahu, Ini Bacaan “Amin” yang Bisa Sebabkan Sholat Batal

277 views

Sebagai seorang Muslim, sholat merupakan ibadah wajib yang sangat prinsip. Banyak aspek yang harus diperhatikan ketika menunaikan sholat, salah satunya dalam membaca Amin.

Melalui sebuah kajian virtual, pembina situs Konsultasi Syariah Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menyebutkan perihal penyebutan Amin apa saja yang salah dan dapat membatalkan sholat. Ini sebagaimana dijelaskan Syaikh Dr Abdullah Az-Zahim.

“Saya sebutkan di sini kesalahan bacaan Amin yang menyebabkan sholat batal dengan kesepakatan ulama,” ujar Ustadz Ammi Nur Baits, seperti dikutip dari unggahan video di akun Instagram-nya @amminurbaits, Senin (2/8/2021).

Diketahui ada tiga bentuk yang menyebabkan shalat menurut Syaikh Dr Abdullah Az-Zahim. “Pertama adalah Hamzah dipanjangkan, Mim di-tasydid, huruf Ya dihilangkan, sehingga menjadi Aaammmin. Yang demikian ulama sepakat batal,” tutur Ustadz Ammi Nur Baits.

“Kemudian yang kedua Hamzah dibaca pendek, Mim di-tasydid, dan huruf Ya dihilangkan. Sehingga, menjadi Ammmmin,” tambahnya.

Laly yang ketiga, disebutkan menurut para ulama sepakat menyebut jika huruf Ya dihilangkan semua. “Yang ketiga, tidak di-tasydid dan huruf dihilangkan sehingga menjadi Amin,” papar Ustadz Ammi Nur Baits.

Bukan tanpa sebab, jika hal ini terjadi disebut bisa membatalkan sholat karena dianggap berbicara dalam sholat.

“Anda bisa perhatikan bahwa semua yang Ya-nya dihilangkan bacaan Amin yang bisa bernilai membatalkan sholat, karena dianggap bicara dalam sholat,” jelasnya.[mokzn]

Tags: #Ini Bacaan "Amin" yang Bisa Sebabkan Sholat Batal #Wajib Tahu