Viral Tentara Malaysia Nyanyikan Gugur Bunga Tribute KRI Nanggala, Netizen Merinding

 

Video (Tonton Videonya Disini) tentara Malaysia menyanyikan lagu Gugur Bunga viral di media sosial. Lagu perjuangan Indonesia yang mereka nyanyikan dengan indah dan penuh penghayatan khusus sebagai tribute untuk KRI Nanggala-402, membuat banyak netizen merinding.

Dalam video berdurasi 5 menit 11 detik itu, ada lima orang tentara Malaysia yang terlibat mempersembahkan lagu ciptaan Ismail Marzuki untu menghormati tentara Indonesia yang gugur.

Kelimanya tampil berseragam. Satu di antaranya memainkan alat musik keyboard. Sementara empat orang lainnya, yakni dua perempuan dan dua laki-laki, menyanyikan lagu Gugur Bunga.

Sejak awal, para tentara Malaysia ini menyanyikannya dengan sangat penuh penghayatan. Diawali dengan tentara bernama Iqbal yang menyanyikan satu bait, Betapa hatiku takkan pilu, Telah gugur pahlawanku, Betapa hatiku takkan sedih, Hamba ditinggal sendiri.

Bait kedua dan selanjutnya dinyanyikan bergantian oleh tiga tentara Malaysia lainnya, Anas, Zayani dan Izzati. Menjelang akhir lagu, keempatnya menyanyikan bersama-sama sambil berdiri dan memberikan penghormatan.

Di akhir video muncul tulisan, TRIBUTE TO KRI NANGGALA 402, 25 APRIL 2021, ON ETERNAL PATROL.

Lagu yang dibawakan keempat penyanyi kental dengan cengkok Melayu itu membuat siapa pun yang mendengar lagu ini akan terharu, bahkan merinding.

Video ini pertama kali di-posting di akun Instagram resmi Angkatan Tentera Malaysia, yakni Angkatan Tentara Malaysia yang disingkat ATM. Sama halnya seperti Tentara Nasional Indonesia, ATM terdiri atas angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara.

Video ini di-posting pada Kamis (7/5/2021). Dalam keterangannya disebutkan, penampilan dari para tentara yang bergabung dalam artis kesenian Badan Kesenian Tentera Darat (BKTD) ini memang sebagai Tribute untuk KRI Nanggala.

“Gugur Bunga-Tribute untuk KRI Nanggala,” tulis official.atm2020, dikutip iNews.id, Jumat (7/5/2021).

Akun ini juga menyebut TNI Angkatan Laut dan Pusat Penerangan TNI dalam postingannya. Di akhir video, para pihak yang terlibat dalam video ini juga memberikan penghormatan.

Video ini telah ditonton 5.135. “Terima kasih,” tulis akun resmi TNI AL, tni_angkatan_laut.

“Terima kasih teman2 prajurit2 Malaysia, terima kasih utk simpatinya. Semoga kekerabatan ini selalu terjaga, Amien,” tulis juliusw67, akun Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Julius Widjojono.

“Moga tenang kesatria yg keguguran ketika bertugas,” kata netizen asal Malaysia, muhammad_zaime17.

“Terima kasih saudara serumpun ku Malaysia,, itu merupakan lagu sakral di negara kami ketika ada patriot bangsa gugur di medan tugas,” tulis babanya_hafidz.

“Sumpa merinding bngt ya Allah,” tulis aisyahnahla_beautyshop.

TNI AL juga mem-posting ulang video itu di Instragram tni_angkatan_laut dan menyampaikan terima kasih kepada ATM.

“Artis Kesenian BKTD -TNI Angkatan Laut. TERIMAKASIH @official.atm2020 repost from @official.atm2020,” tulis TNI AL. Sejak diposting, video ini telah ditonton 34.403 kali.

Netizen Indonesia memberikan respons beragam atas video viral persembahan untuk para prajurit TNI AL, awak KRI Nanggala-402 yang gugur itu. Ucapan terima kasih mengalir kepada Malaysia yang telah menyanyikan lagu Gugur Bunga dengan penuh penghayatan.

“Terima kasih malaysia ❤,” tulis nourmalalala.

“Terharu Sekali Terima Kasih Bangsa Serumpun atas Simpati dan Empatinya atas Gugurnya Prajurit2 Terbaik Bangsa dalam Melaksanakan Tugasnya di KRI Nanggala 402 ???? Sebagai Bangsa Serumpun Melayu Persatuan serta Kerukunan Kita Tetap Selalu Terjaga Sebagai Saudara Dekat, Jika Kita Bersatu Teguh Maka Kita Akan Kuat,” tulis hendrab919.

“Selamat berlayar menjaga lautan selama lamanya 402,on eternal patrol,” tulis salahuddin.81.

“Laut menyatukan Dunia, tidak ada batas dilautan … Jales Veva Jaya Mahe …,” tulis reza_f.j.s.

“Setiap denger lagu gugur bunga,ntah siapa aja yang nyanyi ,selalu merinding seluruh badan,” kata fauziakbar797.

“Asli merinding, terima kasih saudara serumpun kami untuk doa nya,” tulis ericksukma_rasyid.

“Alfatihah untuk seluruh kru KRI Nanggala 402,” tulis defriisaputra_’.

“Sedih bnget kalo dengerin lagu ini …Alfateha tuk 53 kru KRI Nanggala 402,” tulis _always2020.[eramuslim]

Tags: #Netizen Merinding #Viral Tentara Malaysia Nyanyikan Gugur Bunga Tribute KRI Nanggala