Viral Santri Diskusi Pakai Bahasa Mandarin, Netizen: Masya Allah Salut

Belum lama ini video para santri dari sebuah pondok pesantren mendadak viral di linimasa media sosial. Pasalnya, para santri tersebut tengah menunjukkan kemahirannya dalam menggunakan bahasa mandarin. Video itu pertama kali diunggah akun Twitter @SantorinisSun.

Jika pada umumnya pondok pesantren identik dengan menimba dan mendalami ilmu agama Islam menggunakan bahasa Arab, maka pondok pesantren ini menjadi sorotan karena belajar menggunakan bahasa mandarin.

Dalam video tampak para santri sedang kumpul bersama dengan alas tikar biru sembari membentuk sebuah lingkaran dan saling bersahutan dialog menggunakan bahasa mandarin. Tidak hanya satu, tampak kelompok santri lainnya yang juga membuat lingkaran dan turut latihan bahasa mandarin.

Setelah MNC Portal telusuri, santri-santri tersebut berasal dari Pondok Pesantren Maktuba Al Majidiyah di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Saat itu mereka sedang bersiap menyambut era baru dengan belajar bahasa mandarin.

Anak-anak pesantren belajar bhs mandarin tiap Jumat malam, langsung praktok. Mereka bersiap untuk menyambut zaman baru,” tulis pemilik akun @vincent_ves dalam keterangannya.

Tidak hanya belajar bahasa mandarin, mereka juga belajar bahasa Prancis dan Inggris. Mereka akan menggunakan bahasa tersebut di hari-hari tertentu saat berkomunikasi dengan sesama santri. Hal itu diungkap oleh salah satu warganet.

Leres sanget mas, selain mandarin juga France, Inggris. Utk Hari hari tertentu mereka harus bicara dgn bahasa-bahasa itu,” ungkap akun @NamakoeNing1812.

Video tersebut pun kembali viral dan mendapat banyak komentar dari warganet. Banyak yang memuji dan bangga akan kemampuan mereka dalam berbahasa mandarin. Bahkan beberapa orang asli Tionghoa pun mengaku salut karena aksen mereka yang begitu bagus.

Tiba2 jiwa keturunan Tionghoa-ku pun menangis. Maluuuuu kaga bisa bhs mandarin,” sahut salah satu warganet di kolom komentar.

Saya aja belum lancar seperti itu,” balas warganet lainnya.

Kerennn!!! Aku yg belajar bahasa mandarin lgsg di Taipei aja ngos2an, mereka yg lg belajar bahasa Arab malah nyambi bahasa mandarin!?? SUPERB!!!” puji warganet lain.

Berat banget belajarnya, udah harus baca kitab, belajar bahasa mandarin lagi. Masya Allah salut saya,” cuit seorang warganet.

Di Inggris, jurusan bhs Latin di kampus-kampus sudah menurun peminatnya. Sebagai gantinya, jurusan bahasa mandarin naik daun. Udah bener santri di RI juga belajar bahasa mandarin. Selain masa depan, juga ada masa lampau di sana. Banyak catatan sejarah bangsa kita ditulis oleh penulis-penulis China,” pungkas warganet lainnya.[mokzn]

Tags: #Bahasa Mandarin #pondok pesantren #santri #viral