Tokoh Muslim Dunia: Fatima Al Fihri sang Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Pernahkah Anda mengetahui sosok Fatima Al Fihri? Ia merupakan tokoh muslim pelopor di dunia pendidikan formal. Fatima Al Fihri tercatat sebagai pendiri universitas tertua di dunia.

Fatima Al Fihri adalah orang yang mendirikan Universitas Al Qarawiyyin di Kota Fez, Maroko, dan dianggap sebagai universitas tertua di dunia yang masih beroperasi, mendahului universitas-universitas di Eropa. Demikian menurut UNESCO dan Guiness World Records.

Universitas Al Qarawiyyin dibangun oleh Fatima Al Fihri pada tahun 254 hijriah atau 859 tahun masehi. Universitas ini bermula dari adanya sebuah masjid yang juga bernama Al Qarawiyyin.

Fatima Al Fihri lahir pada tahun 800 masehi yang merupakan seorang putri dari Mohammed Bnou Abdullah Al Fihri yang seorang saudagar kaya yang menetap di Fez bersama keluarganya pada masa pemerintahan Raja Idris II.

Semasa hidupnya, Fatima disebut “ibu dari anak laki-laki”. “Julukan ini mungkin berasal dari amalnya dan fakta bahwa dia mengambil siswa dari kalangan bawah,” ungkap sejarawan Mohammed Yasser Hilali, seperti dikutip dari laman DW, Selasa (12/10/2021).

Sebelum terbentuk universitas yang diakui dunia pada saat sekarang, Al Qarawiyyin berawal dari sebuah masjid di Fez. Pembangunan ini atas dasar kebutuhan komunitas Muslim yang anggotanya dalam jumlah cukup besar.

Dari abad ke-10 masjid terkenal Al Qarawiyyin menjadi lembaga keagamaan pertama dan universitas Arab terbesar di Afrika Utara.

Jasa yang begitu besar pada bidang keagamaan dan pendidikan membuat Fatima Al Fihri sangat dihormati di Fez. Pada 2017, sebuah hadiah di Tunisia diberikan untuk menghormatinya. Penghargaan ini untuk mendorong akses kepelatihan serta tanggung jawab profesional kepada perempuan.

Selanjutnya, program akademik dan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dari Eropa dan Afrika Utara memberikan penghormatan kepada Fatima Al Fihri.[mokzn]

Tags: #Fatima Al-Fihri #Maroko #Tokoh Muslim #tokoh muslim dunia #Universitas Al Qarawiyyin #Universitas Tertua di Dunia