Terkait Kasus Herry Wirawan, Ini Pandangan Islam Mengenai Hukuman Keb1r1

Herry Wirawan, guru yang melakukan p3l3cehan s3ksval terhadap belasan santriwati di Bandung, dituntut hukuman mat1 dan keb1r1 kimia. Hal itu sebagaimana disampaikan jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat.

Lantas, bagaimana pandangan ajaran agama Islam terkait hukuman keb1r1 ini?

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Selasa (11/1/2022), Ustadz dr Raehanul Bahraen mengatakan jawabannya adalah tidak boleh. Sebab, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam melarang untuk melakukan keb1r1.

Berdasarkan riwayat dari Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhuma menceritakan:

كنا نغزو مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ليس لنا نساء؛ فقلنا: ألا نستخصي؟ فنهانا عن ذلك

“Kami pernah berperang bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sedang ketika itu tidak ada wanita pada kami.” Maka kami bertanya, “Apa sebaiknya kita keb1r1 diri kita?” Maka Beliau melarang kita untuk melakukannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Melakukan keb1r1 juga bertentangan dengan syariat agar memperbanyak keturunan, di mana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ فَإِنِّيْ مُكَاشِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

“Nikahilah perempuan yang penyanyang dan subur, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan banyaknya kalian di hadapan umat-umat (yang terdahulu).” (Shahih Riwayat Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Hakim dari jalan Ma’qil bin Yasar)

Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah menjelaskan:

و الحكمة في منع الخصاء أنه خلاف ما أراده الشارع من تكثير النسل ليستمر جهاد الكفار

“Hikmah dari larangan keb1r1 adalah hal tersebut bertentangan dengan syariat yaitu memperbanyak keturunan yang akan melanjutkan berjihad melawan orang kafir.” (Fathul Bari 9/119)

Demikian juga dalam kitab ensiklopedia fikh Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah dijelaskan:

إن خصاء الآدمي حرام ، صغيراً كان ، أو كبيراً ؛ لورود النهي عنه على ما يأتي

“Melakukan keb1r1 bagi manusia adalah haram,

Baca Juga :   Marah! Deddy Courbuzier Sebut Herry Wirawan Tidak Layak Hidup Baik di Indonesia maupun di Belahan Dunia Lainnya

baik kecil maupun besar karena terdapat larangan hal tersebut.” (Al-Mausu’ah Al-fiqhiyyah 9/120-121)

Kebiri sebagai Hukuman Tidak Manusiawi dan Dilarang Agama

Hukuman keb1r1 bagi seseorang juga sangat tidak manusiawi dan merupakan p3ny1k4aan dan bukan tujuan dari syariat yaitu menjaga keturunan dan membuat manusia bisa menyalurkan hasrat s3ksvalnya secara halal.

Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah menjelaskan:

كما أن فيه من المفاسد : تعذيب النفس ، والتشويه ، مع إدخال الضرر الذي قد يفضي إلى الهلاك ، وفيه إبطال معنى الرجولية التي أوجدها الله فيه ، وتغيير خلق الله

“Melakukan keb1r1 menimbulkan banyak mafsadat yaitu p3ny1ksaan manusia dan merusak tubuh, bisa menimbulkan bahaya yang bisa mengantarkan menuju kebinasaan. Bisa meniadakan bentuk kejantanan yang telah Allah ciptakan dan mengubah ciptaan Allah.” (Fathul Bari 9/119)

Wallahu a’lam bishawab.

 

sumber: https://bit.ly/3JWYw4Z

Tags: #Herry Wirawan #herry wirawan dihukum kebiri #Hukum Islam #hukum kebiri #kebiri