Sholat atau Makan, Mana yang Sebaiknya Didahulukan?

41 views

Sholat atau makan mana yang lebih didahulukan? Melaksanakan sholat lebih awal adalah hal yang sangat dianjurkan, karena memiliki keutamaan tersendiri. Akan tetapi terkadang, sebagian orang malah mendahulukan sesuatu yang lain, makan dulu misalnya.

Hal ini sering terjadi, apalagi di waktu jam-jam sholat yang waktunya mepet. Misalnya Jumatan dan Magrib karena waktu tersebut merupakan jam-jamnya di mana perut mulai keroncongan. Lalu mana yang lebih didahulukan?

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengatakan, hal perlu digaris bawahi mana yang didahulukan antara makan dan sholat yaitu melihat kondisi, serta sutuasi pada saat itu.

“Kalau memang waktu sholatnya masih panjang, tidak ada salahnya untuk makan dulu,” katanya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ

Artinya: Apabila makan malam sudah tersaji, maka dahulukanlah makan malam tersebut dari sholat maghrib. Dan janganlah kalian tergesa-gesa dari makan kalian. (HR. Bukhari no. 672 dan Muslim no 557).

Ustadz Fauzan, maksud hadist tersebut adalah waktu yang kondisional. Apabila perut lapar bisa membuat Anda jadi tidak khusuk sholat, serta bisa membuat sakit dan lemas maka dahulukan lah makan.

“Atau seandainya memilih sholat terlebih dahulu, tapi pada saat salat tidak khusyuk gara-gara ingat makanan, maka hendaknya makan duluan selama tidak ada niat menafikan sholat,” terangnya.

Akan tetapi, apabila Anda sengaja meninggalkan sholat tepat waktu karena memilih makan dulu padahal tidak sedang darurat, maka urusannya akan kembali kepada Allah SWT.

Wallahualam Bishawab.[mokzn]

Tags: #Mana yang Sebaiknya Didahulukan? #Sholat atau Makan