Said Aqil: Sebutan Kafir Sakiti Non Muslim, Aktifis Katolik: Tidak Masalah Disebut Kafir

Aktivis Katolik, Leonardus Sugiman, menyatakan tidak masalah disebut kafir oleh orang Islam. Sebutan kafir menurutnya, tidak menyakiti, karena agama Katolik biasa menyebut domba tersesat bagi non Katolik, termasuk umat Islam, Hindu, dan Budha.

“Pak Kiai Said Aqil tidak perlu mengubah istilah kafir dengan istilah non-Muslim. Bagi kami, yang Katolik tak masalah disebut kafir,” Leonardus Sugiman, Aktifis Katolik, seperti dilansir dari suaranasional.com

Leonardus Sugiman mengatakan, perlunya saling memahami istilah masing-masing agama, agar saling memahami dan tidak perlu takut mengungkapkannya.

Menurutnya, dialog antar agama secara terbuka, bisa meminimalisir ketakutan mengungkapkan berbagai istilah dalam setiap agama.

“Dialog antar agama bukan untuk menutupi dan toleransi semu, serta mencampuradukan ritual keagamaan,” Leonardus Sugiman, Aktifis Katolik.

Berdialog lintas agama secara keras dalam forum, tetapi bisa berangkulan setelah acara tersebut. Tokoh-tokoh pendiri bangsa biasa berdialog antar agama, tetapi mereka tetap rukun dan bersaudara, ungkap dia.

KH Said Aqil Siradj mengatakan, bahwa NU tidak menggunakan sebutan kafir untuk warga yang tidak beragama Islam.

“Di bidang keagamaan, NU tidak menggunakan sebutan kafir untuk warga negara Indonesia yang tidak memeluk agama Islam,” kata Kiai Said Aqil Siradj, Ketua PBNU periode 2010-2021 itu.

“NU berpandangan penyebutan kafir dapat menyakiti warga non-muslim di Indonesia,” Kiai Said Aqil Siradj, Ketua PBNU Periode 2010-2021.

“Tidak boleh menggunakan panggilan yang mengandung arti diskriminatif Teologi. Bahkan kekerasan Teologis,” KH Said Aqil Siradj, Ketua PBNU Perode 2010-2021.

“Apabila seorang Muslim memanggil seorang Yahudi atau seorang Majusi, Wahai Kafir sini, maka orang Islam ini di takzir atau dihukum alias disangsi,” KH Said Aqil Siradj, Ketua PBNU Periode 2010-2021.

Baca Juga :   Gus Yahya Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU Kalahkan Said Aqil lewat Voting

 

sumber: https://bit.ly/3FFGOQU

Tags: #kafir #leonardus sugiman #Nahdlatul Ulama #non muslim #nu #said aqil siradj