Pulau Tolop, Tempat Bersemayamnya 3 Makan Habib Dan Pohon Penawar Racun

 

Pulau Tolop dengan dengan Singapura merupakan salah satu pulau terluar yang masuk dalam wilayah, Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau ini sangat dekat dengan Singapura karena berada di kawasan Selat Malaka atau tepatnya di Selat Singapura.

Pulau ini sendiri terbagi atas dua bagian yakni Pulau Tolop Kecil dan Pulau Tolop Besar. Pulau ini menjadi tempat tujuan wisata religi. Karena di pulau inilah terdapat 3 makam Syekh dan Habib yakni Syekh Syarif Ainun Naim, Syekh Maulana Nuh Maghrobi di Pulau Tolop Kecil dan makam Habib Hasan Al Musawa di Pulau Tolop Besar.

Namun, yang dijuluki Sunan Tolop yakni Syekh Syarif Ainun Naim. Kedua pulau ini terpisah, namun bersebelahan. Luas Pulau Tolop Kecil hanya sekitar lebih kurang 1 hektar saja.

Pulau Tolop Kecil ini juga diberi nama Pulau Senang. Kedua pulau ini menjadi saksi sejarah 3 penyebar Islam di Nusantara. Sejarahnya, Syekh Syarif Ainun Naim dikatakan kakak beradik dengan Sunan Giri, salah satu Wali Songo di Nusantara.

Syekh Syarif Ainun Naim lahir di Samudra Pasai. Namun, ada yang mengatakan bahwa tokoh ini lahir pada 842 Hijriyah dan wafat pada 908 Hijriyah. Ada pula versi yang menyebut bahwa dia lahir pada 761 Hijriyah dan wafat pada 842 Hijriyah.

Sementara itu, Syekh Maulana Nuh Maghrobi berasal dari Kerajaan Abbasiyah yang wafat di sana pada 427 H. Syekh Maulana Nuh Maghrobi adalah mata-mata Kerajaan Abbasiyah yang datang menyamar sebagai pedagang. Baca juga: Peziarah Meninggal di Makam Syeh Maulana Maghribi

Sayangnya, saat itu kapalnya karam sehingga dia menetap dan wafat di sana pada 427 Hijriyah. Makam Syekh Maulana Nuh Maghrobi diapit dua pohon setigi yang dipercaya berusia ratusan tahun. Pohon ini memiliki khasiat sebagai penawar racun. Namun, masyarakat di sana melarang siapapun membawa bagian pohon itu ke luar pulau. Pohon ini sudah lama diyakini menjadi penawar racun.

Sementara, Habib Hasan Al Musawa tidak banyak cerita yang diketahui tentangnya. Hanya saja Habib Hasan Al Musawa diketahui berasal dari Arab. Menurut salah satu penziarah bernama Agus, dirinya dan rombongan sengaja datang ke pulau ini untuk berziarah makam di sini. “Ya kita ziarah pada para penyebar Islam di Nusantara,” ujarnya. (Dicky Sigit Rakasiwi) [m.okz]

Tags: #Pulau Tolop #Tempat Bersemayamnya 3 Makan Habib Dan Pohon Penawar Racun