Nekat Umrah dan Haji Tanpa Izin, Siap-Siap Didenda Berlipat Ganda

154 views

Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan sanksi berupa denda bagi siapa saja yang nekat melakukan ibadah umrah dan haji tanpa mengantongi surat izin selama pandemi covid-19. Denda ini akan dilipatgandakan jika masih nekat melakukan pelanggaran yang sama.

Dikutip dari laman Saudigazette, Jumat (9/7/2021), kisaran denda yang diberlakukan cukup fantastis yakni 10.000 riyal Arab Saudi atau setara Rp38,7 juta. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketertiban selama pelaksanaan ibadah haji serta menghindari persebaran covid-19.

Juru Bicara Petugas Keamanan Haji Jenderal Sami al Shuwairekh mengatakan sejauh ini pihaknya telah menangkap 52 orang yang coba memasuki Kota Makkah tanpa izin berhaji.

Ia pun meminta semua orang mematuhi instruksi yang dikeluarkan otoritas terkait untuk musim haji tahun ini. “Petugas keamanan akan mengambil tindakan hukuman terhadap siapa saja yang coba memasuki Masjidil Haram, tempat-tempat suci Mina, Muzdalifah, dan Arafah tanpa izin,” jelasnya.

Larangan masuk ke tempat-tempat suci tanpa izin haji berlaku sejak 5 Juli atau 13 hari sebelum puncak ibadah haji yang tahun ini diperkirakan jatuh pada 18 Juli 2021. Bahkan jika masih ada pelanggar, kemungkinan sanksi akan dilipatgandakan.

“Hukuman akan berlipat ganda jika pelanggaran diulang selama musim haji,” tegasnya.

Petugas keamanan pun akan menjalankan tugasnya di sepanjang jalan, posko pemeriksaan, serta di lokasi dan koridor yang mengarah ke kawasan pusat di sekitar Masjidil Haram untuk mencegah upaya pelanggaran.[mokzn]

Tags: #Nekat Umrah dan Haji Tanpa Izin #Siap-Siap Didenda Berlipat Ganda