Nabi Muhammad Adalah Guru Terbaik di Dunia

77 views

Setiap orang adalah guru yang mengajarkan kita akan sesuatu, baik sebagai guru yang mengajarkan pengalaman maupun guru di sekolah yang mengajarkan kita membaca, menulis, dan berhitung.

Dalam Islam, hanya ada satu guru yang meletakkan dasar bagi pendidikan spiritual umat manusia, yakni Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah seorang buta huruf, tetapi Allah memilih beliau menjadi utusan terakhir dan guru yang sempurna bagi umat Islam.

Nabi Muhammad ditugaskan membaca dan menyampaikan pesan Alquran kepada seluruh umat manusia. Nabi Muhammad bukan guru biasa, baliau menetapkan standar pendidikan yang ideal lebih dari seribu tahun yang lalu dan efeknya masih terasa sampai sekarang.

Dilansir dari About Islam, banyak cara di mana Nabi Muhammad adalah guru yang terus dan selalu menjadi teladan hingga saat ini. Dilansir di About Islam, berikut beberapa yang pernah Nabi SAW ajarkan kepada para sahabatnya.

Tidak ada siswa yang tertinggal

Di ruang kelas merupakan praktik umum bagi guru untuk memisahkan siswa yang pintar dari yang lemah. Siswa yang lebih pintar diberikan kesempatan bagi mereka untuk unggul sedangkan siswa lemah akan dibiarkan saja.

Nabi Muhammad tidak membedakan antara siswa berdasarkan tingkat kecerdasan, atau klasifikasi lain yang memisahkan di masyarakat. Beliau tidak pernah berusaha untuk mengecualikan atau mengusir siapa pun dari agama Islam, melainkan menyampaikan pesan yang mencakup seluruh umat manusia.

Nabi Muhammad bersabda: “Demi Allah! Jika Dia dapat membimbing melalui Anda seorang pria lajang untuk Islam, itu akan lebih baik bagi Anda daripada unta merah.” (Al-Bukhari)

Pembicara sempurna

Nabi Muhammad sangat metodis dalam metode pengajarannya dan tidak pernah terburu-buru dalam pelajarannya. Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada para sahabat.

Hal ini berdasarkan penuturan istri tercinta Aisyah, berkata : “Berbicara sedemikian rupa sehingga jika seseorang menghitung kata-katanya, kata-katanya dapat dihitung.” (Al-Bukhari)

Nabi juga akan mengulangi kata-katanya tiga kali. Kata-kata yang dia ucapkan dan pelajaran yang dia sampaikan tidak ambigu, yang membantu para siswa Islam unggul dalam menyempurnakan iman mereka dan memasukkan Alquran ke dalam hati mereka.

Hidup sebagai teladan

Yang Nabi Muhammad menjadi guru yang fenomenal adalah karena ia memimpin dengan memberi contoh. Dia sering berceramah kepada para sahabatnya tentang Keesaan Tuhan Yang Maha Esa, menjalani kehidupan yang sesuai dengan Islam dan memikirkan akhirat.

Dalam setiap aspek kehidupannya, Nabi Muhammad adalah teladan dan mengamalkan apa yang dia ajarkan. Hal ini memudahkan para sahabatnya untuk melihat bagaimana menjalani hidup mereka sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Allah SWT berfirman dalam Alquran: “Sesungguhnya telah ada bagimu pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang sangat baik bagi siapa saja yang mengharap kepada Allah dan Hari Akhir dan yang sering mengingat Allah.” (QS 33:21 )

Sabar melewati kesulitan

Nabi Muhammad kerap bertemu dengan orang-orang yang menghina dan membencinya saat ia mulai mengajarkan Islam pada awal kenabiannya. Di Makkah, ia menghabiskan 13 tahun dalam upaya mengajar orang-orang tentang pesan Alquran.

Nabi Muhammad mengajarkan kebijaksanaan dan kesabaran dalam setiap cobaan yang harus dilaluinya. Metode di mana Nabi Muhammad mengajarkan Islam kepada para sahabatnya memiliki efek riak yang telah melampaui berabad-abad untuk menjadikan Islam sebagai agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia saat ini.

Sedangkan di sekolah-sekolah di pusat kota Amerika, guru kerap menyerah untuk menghadapi siswa-siswa mereka yang keras. Bagi banyak guru, mereka hanya akan memberikan perhatian besar kepada siswa yang cepat memahami pelajaran tetapi tidak menjangkau siswa yang harus berjuang untuk mendapatkan pemahaman.[rep]

Tags: #guru terbaik #muslim #nabi guru terbaik #nabi muhammad #rasulullah