Muslimah Kanada Berbondong-Bondong Daftar Kelas Bela Diri

221 views

 

Serentetan s3rangan baru-baru ini terjadi terhadap wanita Muslim di Edmonton, Kanada. Mereka bahkan berani melakukan peny3rangan di sejak Desember.

Salah satu kasus, seorang ibu dan putrinya dis3rang di tempat parkir Southgate Center pada 8 Desember lalu. Sepekan kemudian, seorang wanita dis3rang saat menunggu kereta di dekat stasiun LRT Southgate. Setidaknya enam wanita Muslim menjadi target dalam rentang waktu 10 pekan.

Seorang pelatih bela diri Muslimah, Aisha Barise, mengatakan seni bela diri dapat menjadi pilihan sebagai alat pertahanan diri ketika terjadi peny3rangan. Sebagai seorang wanita Muslim yang memakai jilbab, banyak yang menentang pilihan profesinya.

Namun, hal tersebut dijadikanya motivasi untuk terus berlatih taekwondo dan karate. “Tidak ada yang bisa memberi tahu saya apa yang harus saya lakukan. Saya sangat kompetitif dan itu memotivasi saya sehingga saya merasa tertantang untuk terus berlatih,” ujar dia dilansir di CBC.

Apalagi ketika dia mendengar banyak wanita Muslim mengalami peny3rangan. Dia semakin bersemangat berbagi keahliannya di kelas bela diri. Kelas khusus ini kemudian dibuka oleh komunitas Muslim di Edmonton.

“Tidak banyak orang yang berpenampilan seperti saya yang berlatih seni bela diri, yang berkompetisi dalam seni bela diri. Jadi itulah mengapa saya mengambil kesempatan ini,” ujar dia.

Mereka membuka empat kelas bela diri dalam sepekan. Latihan ini dimulai sejak 21 Februari, dengan setiap kelas terdiri dari 24 orang.

Direktur Komunikasi di Masjid Al-Rashid Noor Al-Henedy mengatakan kelas ini diselenggarakan secara resmi dan mendapat izin setelah penyelenggara mendapat izin dari pejabat kesehatan provinsi. Peminat pun sangat banyak, terbukti dengan pendaftaran telah tutup hanya beberapa jam setelah dibuka.

Bahkan saat ini banyak orang yang berada dalam daftar tunggu hingga enam kelas. “Ketika kita melihat gambaran yang lebih besar, ada bagian pendidikan besar yang perlu dilakukan. Kota kita harus bersatu, provinsi kita, negara kita, untuk melawan islamof0bia, antisem1tisme, keb3ncian dan ras1alisme,” kata Al-Henedy.[REPUBLIKA]

Tags: #Muslimah Kanada Berbondong-Bondong Daftar Kelas Bela Diri