MUI Serahkan Bantuan Rp19 Miliar Untuk Palestina

234 views

 

Ketua Umum MUI Pusat KH Miftachul Akhyar menyerahkan langsung bantuan Palestina berupa dana sebesar Rp19 miliar kepada Duta Besar Negara Palestina di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Senin (24/5/2021).

Dana bantuan itu untuk pembangunan Rumas Sakit Indonesia Hebron (RSIH) ini diberikan juga secara langsung dari MUI kepada Wali Kota Hebron Tayser Abu Sneineh.

Pada 20 Januari 2020 lalu Pengurus MUI Pusat sempat juga berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah Rumah Sakit. Hari ini telah mendapatkan dukungan dan kerjasama yang sangat baik dari Wali Kota Hebron.

Pimpinan MUI Pusat yang diwakili oleh KH Dr Muhyidin menyebutkan penyerahan bantuan ini juga sempat ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pengurus MUI Pusat dengan Wali Kota Hebron untuk pembangunan RSIH.

“Pengurus MUI Pusat akan menyediakan dan mengupayakan biayanya sebesar Rp100 miliar dari donasi kemanusiaan seluruh masyarakat Indonesia, sementara pihak Wali Kota Hebron akan menyediakan lahannya seluas 4000 m2,” kata dia dalam pesannya yang diterima Senin (24/5/2021).

Pengurus MUI Pusat melalui Panitia Pembangunan RSIH pada Februari – Desember 2020 telah mengadakan kegiatan penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp2 miliar.

Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim menyebutkan pada 17 Mei 2021 panitia telah mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina”.

“Dalam rangka mengajak dan mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi bagi segera terwujudnya RSIH. Sejak dicanangkannya Gerakan tersebut, sampai Ahad 23 Mei 2021 telah berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp17 miliar,” ucapnya.

“Keseluruhan dana yang telah berhasil digalang MUI, baik kepengurusan periode terdahulu maupun kepengurusan periode saat ini yang mencapai Rp19 miliar dan dana tersebut pada hariini diserahkan secara simbolik kepada Duta Besar Negara Palestina di Jakarta, Zuhair Al Shun,” lanjut Sudarnoto.

Menurut dia, pembangunan RSIH ini merupakan salah satu bentuk ungkapan solidaritas dan dukungan MUI bagi perjuangan bangsa Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan dalam menghadapi agresi penjajahan Israel.[mokzn]

Tags: #MUI Serahkan Bantuan Rp19 Miliar Untuk Palestina