Misteri Angka 4 di Setiap Peristiwa Menggemparkan Indonesia

149 views

Di era tahun 2000-an ini, sudah banyak peristiwa heboh yang menggemparkan Indonesia. Hampir semuanya selalu berkaitan atau ada unsur angka empat (4).

Baik itu dari tanggalnya, objeknya, dan lain sebagainya. Berikut Fajar.co.id merangkum ragam peristiwa yang tak lepas dari angka empat.

1. Tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004

Pada bencana alam yang pertama dibahas ini, waktunya terjadi di tahun 2004. Bencana ini membuat 200 ribu lebih nyawa melayang akibat hempasan gelombang air laut.

Sebelum tsunami itu terjadi, lebih dahulu Aceh diguncang gempa yang sangat dahsyat berkekuatan 9 SR. Akibat dari gempa dan tsunami itu, jutaan rumah dan bangunan rusak parah.

Gedung-gedung pun saat itu rata dengan tanah. Masyarakat Aceh sangat menderita. Air bersih dan listrik tidak ada pasca kejadian.

2. Pesawat Adam Air Jatuh

Peristiwa yang tak lepas dari angka 4 yang kedua adalah jatuhnya pesawat Adam Air, dengan nomor penerbangan KI 574.

Rute pesawat ini adalah dari Surabaya ke Manado. Sayang, pesawat ini tiba-tiba hilang kontak hingga dinyatakan jatuh di Selat Makassar pada 1 Januari 2007.

Sebanyak 102 orang yang ada di dalam pesawat tewas. Terdiri dari 96 penumpang dan enam awak. Penyebab kecelakaan ini yaitu cuaca ekstrem, kerusakan pada alat bantu navigasi Inertial Reference System (IRS) dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.

3. Tenggelamnya Kapal Selam Milik TNI-AL, KRI Nanggala 402 di Perairan Utara Bali

Lagi-lagi peristiwa heboh yang tak lepas dari angka empat adalah tenggelamnya kapal selam tersebut hingga membuat 53 personel di dalamnya dinyatakan gugur.

Kapal selam milik TNI-AL itu terdeteksi tenggelam di kedalaman 850 meter akibat retakan besar. Sejumlah tim penyelamat dari berbagai negara, turut serta dalam misi pencarian korban dan badan kapal.

Baca Juga :   Gus Miftah Panen Hujatan Usai Gelar Wayang Kritik Ustadz Khalid, Warganet: Auto Unfollow!

Namun sayang, proses evakuasi hanya bisa mengangkat sebagian dari kapal itu, karena beberapa kendala dan keselamatan mengangkat kapal yang memiliki bobot sangat berat itu.

4. Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia

Mungkin anda sudah tahu, orang yang pertama terjaring covid-19 adalah dua wanita berusia 64 tahun dan 31 tahun pada 2 Maret 2020 lalu.
Kasus pertama itu diumumkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo kepada publik melalui awak media. Hingga setahun lebih ini, Covid-19 masih ada. Bahkan masih berstatus pandemi dan berdampak pada ekonomi masyarakat.

Ragam cara dilakukan masyarakat. Termasuk di perkantoran, mal, warkop, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Yakni memakai masker, rajin cuci tangan, kerja di rumah, bahkan yang kini gencar adalah vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia dari virus tersebut.

5. Artis Vanessa Angel Tewas pada 4 November 2021

Publik figur yang namanya meroket di dunia entertainment, Vanessa Angel dan suaminya, Febri Adriansyah tewas dalam kecelakaan tunggal di tol Jombang KM 672.

Lagi dan lagi, angka empat hadir dalam peristiwa itu, yakni terjadi pada 4 November 2021. Dalam kecelakaan itu, hanya Vanessa dan suaminya yang tewas dalam mobil miliknya yang dikemudikan oleh sopirnya, Tubagus Joddy.

Sementara Joddy, asisten Vanessa bernama Siska, dan anak semata wayang Vanessa Angel, Gala Sky Adriansyah selamat meski sempat mengalami luka.

Peristiwa ini sangat mencuri perhatian. Selain karena artis ternama, Gala yang kini masih berusia satu tahun harus berpisah dengan orang tuanya itu, Vanessa dan Febri untuk selama-lamanya.

Publik sangat terpukul karena pada usia Gala yang masih sebiji jagung, harus ditinggal pergi oleh orang tuanya. Kini publik berharap kelak Gala menjadi anak yang tangguh meski hidup tanpa belas kasih orang tua.

Baca Juga :   Usai Laporkan Ustaz Khalid Basalamah, Rumah Tangga Sandy Tumiwa Diambang Keretakan

6. 4 November 2021 Terjadi Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur

Peristiwa terakhir yang berkaitan dengan angka 4 yang dihimpun Fajar.co.id, adalah erupsi erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. Bencana ini terjadi pada 4 November 2021 atau tepat sebulan setelah kecelakaan Vanessa Angel.

Terbaru, 43 orang meninggal dalam peristiwa ini. Banyak rumah yang kini ditutupi bahkan rusak akibat abu dari gunung tersebut. Proses pencarian dan evakuasi korban masih dilakukan hingga kini.

Ada apa dengan angka empat yang sebenarnya, sehingga tak lepas dari enam peristiwa heboh tersebut? Apakah angka itu bisa disebut sebagai angka sial?

Penceramah Ustaz Khalid Basalamah, menyampaikan dalam ceramahnya di kanal YouTube Lentera Islam, ada seorang jemaah yang mengaku bekerja di sebuah gedung yang tak ada lantai empat.

Jemaah itu pun minta pencerahan soal sikap apa yang harus ia lakukan terhadap hal tersebut. Khalid bilang, bersikap normal saja dan tak perlu takut.

“Jangan diyakini dan jangan ikuti. Mereka anggap itu empat angka sial. Gak ada sial dalam Islam. Tidak ada hari sial, waktu sial. Yang ada adalah hari lebih baik dari hari yang lain. Waktu, lebih baik dari waktu yang lain,” kata Khalid.

“Seperti misalnya Jumat lebih baik daripada hari yang lain. Itu jelas. Sepertiga malam lebih baik daripada waktu-waktunya sepanjang hari. Aqsa dan Madinah lebih baik dari tempat lain. Tetapi sial gak ada,” sambungnya.

Karena pada dasarnya, angka, waktu, dan semua di dunia ini diciptakan oleh Allah SWT. Sehingga tidak boleh disebut sebagai sesuatu hal yang mengandung kesialan.

“Allah berfirman dalam hadis kudsi dalam riwayat Bukhari, (artinya) jangan kalian mencaci maki atau menyalahkan waktu karena Aku (Allah SWT) adalah pencipta-Nya,” tegasnya.

Baca Juga :   Allah Turunkan Bencana Ibarat Tinggal di Perumahan, 13 dari 15 Rumah Bermaksiat, Semua Akan Rata Azabnya

 

sumber: https://bit.ly/3poW9zm

Tags: #angka 4 #khalid basalamah #misteri angka 4 #ustadz khalid basalamah