Menyesal Pernah Ikut Hancurkan Masjid, Pria Ini Masuk Islam dan Bangun 100 Masjid

Mohammed Amir merupakan seorang pria mualaf asal India. Setelah masuk Islam, Amir memutuskan untuk membangun 100 masjid di negaranya.

Pria yang lahir dengan nama Balbir Singh ini memiliki sebuah kisah unik di balik alasan memilih masuk Islam hingga akhirnya ingin membangun 100 masjid. Amir pernah menjadi bagian dari aktivis yang pada tahun 1992 membongkar Masjid Babri.

Tepatnya pada tanggal 6 Desember 1992, massa aktivis mengancurkan masjid yang berlokasi di Ayodhya, India. Alasannya masjid dibangun di atas kuil tempat kelahiran Dewa Ram, yakni dewa yang dihormati bagi penganut Hindu.

Setelah terlibat perusakan Masjid Babri, ia disambut bak pahlawan oleh masyarakat. Namun keluarganya mencela tindakan Amir. Hal ini membuat Amir merasa bersalah.

Ketika mulai jatuh sakit, Amir mendatangi seorang pemuka agama bernama Maulana Kaleem Siddiqui di Muzaffarnagar. Amir menjelaskan mengenai tindakan yang pernah dilakukan, tidak lain adalah pembongkaran Masjid Babri. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk bertobat.

Maulana kemudian menjelaskan tentang nilai-nilai islam melalui ayat-ayat yang ada dalam kitab suci Alquran kepada Amir. Dirinya pun sadar bahwa apa yang telah diperbuat merupakan sebuah dosa besar.

Amir pun menjadi mualaf dengan masuk Islam pada 1 Juni 1993 di hadapan Maulana Kaleem Siddiqui. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Amir memutuskan membangun dan melindungi 100 masjid. Hal ini dibenarkan oleh seorang teman bernama Mahmamud.

Dia membangun masjid di seluruh negeri setelah masuk Islam,” ujar sang teman, seperti dikutip dari laman Sentinelassam, Jumat (17/9/2021).

Mohammed Amir telah membangun 91 masjid dalam 26 tahun belakangan, dan 59 di antaranya masih proses pembangunan. Masjid pertama yang ia bangun terletak di Haryana dan dinamakan Masjid-e-Madina. Masjid ini dibangun pada tahun 1994.

Pada 23 Juli 2021, Amir mengembuskan napas terakhir. Kematiannya diketahui setelah masyarakat mencium bau busuk dari kontrakannya di Baba Nagar dan segera melapor polisi. Petugas Kepolisian Kanchabagh menemukan Amir sudah tewas. Menurut Inspektur Kantor Polisi Kanchanbagh, J Venkat Reddy, penyebab kematian Amir belum dapat ditentukan.[mokzn]

Tags: #Menyesal Pernah Ikut Hancurkan Masjid #Pria Ini Masuk Islam dan Bangun 100 Masjid