Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah: 3 Laki-Laki dan 4 Perempuan

312 views

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diketahui memiliki 7 anak. Terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan. Mereka merupakan anak-anak yang tampan dan cantik serta berbakti kepada orangtua.

Anak-anak Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ini memiliki nama-nama yang sangat baik. Bisa dijadikan inspirasi bagi kaum Muslimin.

Nah, siapa saja putra dan putri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam? Berikut daftarnya, seperti dikutip dari unggahan akun Instagram @sahabatsurga, Rabu (12/1/2022).

Anak Laki-Laki Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam:

1. Qasim

Qasim adalah putra pertama Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Qasim lahir dan meninggal sebelum Nabi Muhammad menerima wahyu pertama. Qasim wafat dalam usia 2 tahun. Ia lahir dari istri Rasulullah yakni Khadijah Radhiyallahu anha.

2. Abdullah

Abdullah adalah putra kedua Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang juga lahir dari Khadijah Radhiyallahu anha. Abdullah biasa disebut juga At-Thayyib dan At-Thahir. Menurut para ahli sejarah Islam, ia lahir setelah masa kenabian dan meninggal dalam usia yang masih sangat kecil.

3. Ibrahim

Ibrahim adalah putra ketiga Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibrahim lahir di Kota Madinah pada tahun 8 Hijriah dan wafat saat berusia 17 atau 18 bulan. Ibrahim adalah anak Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang terakhir atau bungsu. Ibunya bernama Mariyah Al Qibthiyyah.

Anak Perempuan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam:

1. Zainab

Zainab adalah putri tertua Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Zainab menikah dengan Abu al-Ash bin al-Rabi’ dan memiliki 1 putri bernama Umamah. Zainab wafat pada tahun 8 Hijriah. Dia lahir dari ibundanya Khadijah Radhiyallahu anha.

2. Ruqayyah

Ruqayyah merupakan putri kedua Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam setelah Zainab yang juga anak dari Khadijah Radhiyallahu anha. Ruqayyah menikah dengan sahabat Rasulullah yakni Utsman bin Affan Radhiyallahu anhu.

Baca Juga :   Mencintai Allah dengan Menghormati Orang Tua

Pasangan mulia ini dianugerahi anak bernama Abdullah yang meninggal dalam usia 6 tahun. Ruqayyah wafat ketika umat Islam meraih kemenangan di Perang Badar.

3. Ummu Kultsum

Setelah Ruqayyah wafat, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menikahkan Utsman dengan putrinya yang lain yakni Ummu Kultsum Radhiyallahu anha. Oleh karena itulah Utsman dijuluki Dzu-Nurain (pemilik dua cahaya) karena menikahi dua putri Rasulullah.

4. Fatimah Az-Zahra

Fatimah Az-Zahra adalah putri bungsu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dia dilahirkan dari rahim Khadijah Radhiyallahu anha. Fatimah-lah satu-satunya anak Rasulullah yang ada saat Rasulullah meninggal dunia. Fatimah wafat pada 2 Ramadhan tahun 11 Hijriah, yaitu 6 bulan setelah ayah tercintanya meninggal dunia.

Wallahu a’lam bishawab.

 

sumber: https://bit.ly/33zJpxD

Tags: #anak #anak-anak Rasulullah #Kisah Nabi #putra putri Rasulullah