MasyaAllah ! Bahasa Jawi Indonesia Termasuk Dalam 3 Bahasa yang Ditulis Dengan Huruf Arab

 

Huruf-huruf Arab ternyata tidak hanya digunakan untuk menyusun kalimat bahasa Arab. Ada beberapa bahasa yang menggunakan huruf-huruf Arab sebagai penyusun kata atau kalimat sehingga memiliki makna yang dapat dipahami sesuai bahasa lokal.

Salah satu bahasa tersebut ternyata adalah bahasa Jawi. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Arabic Post pada Jumat (7/5).

 

Alkhimiyadu atau Alchimido

Alkhimiyadu atau Alchimido adalah bahasa Spanyol kuno. Alan tetapi orang-orang Morisco atau Moor yakni Muslim Abad Pertengahan yang tinggal di Andalusia menulis bahasa Alchimido dengan huruf Arab. Penduduk Morisco adalah orang-orang yang pertama kali menemukan penggunaan bahasa Alchimido menggunakan huruf Arab setelah mereka menjadi sasaran penganiayaan kekuasaan Kristen Spanyol.

Penduduk Morisco awalnya adalah Muslim yang tinggal di Spanyol da Portugal. Mereka dipaksa memeluk Kristen pada awal abad keenam belas setelah runtuhnya Granada dan keluarnya Muslim dari Andalusia. Setelah itu penduduk Morisco banyak yang mempraktikkan ajaran Islam secata sembunyi-sembunyi, meski beberapa orang ada yang melakukannya secara terang-terangan.

Beberapa penduduk Morisco membuat buku yang dikenal sebagai al Jamiyadus atau Gamiados. Buku itu ditulis dalam bahasa Spanyol tetapi menggunakan huruf Arab. Buku itulah yang digunakan para penduduk Morisco untuk saling belajar tentang Islam.

Akan tetapi dekrit yang dikeluarkan Raja Spanyol yakni Philip II pada 1566 mewajibkan seluruh bangsa Moor untuk menggunakan bahasa, pakaian, dan adat istiadat Spanyol secara paksa. Hal itu memicu revolusi penduduk Morisco. Namun mereka gagal yang membuat penduduk Morisco dipindahkan dari Granada ke wilayah lainnya di Spanyol. Hingga pada awal abad ketujuh belas, orang-orang Morisco diusir dari Spanyol ke Arab.

 

Bahasa Jawi Indonesia

Bahasa Jawi adalah satu bahasa di Indonesia khususnya di Pulau Jawa yang memainkan peran penting dalam budaya dan sejarah Indonesia. Bahasa Jawi menjadi bahasa yang banyak dipelajari dan diteliti lara ulama dan peneliti.

Budaya dan sistem sosial yang kaya di tengah orang Jawa merefleksikan bahasa Jawa itu sendiri. Bahasa Jawi dalam penulisannya menggunakan huruf Arab. Hingga kemudian pada abad kesembilan belas, penjajahan Belanda membuat penulisan bahasa Jawi dengan menggunakan huruf latin.

Tulisan dalam bahasa Jawi tertua berasal dari abad keempat Masehi. Pada saat itu, bahasa Jawi ditulis dengan aksara Pallawa. Pada abad ke-10 penulisannya mengalami perubahan Sejak abad kelima belas, bahasa Jawi ditulis dengan huruf arab yang disebut pegon atau Arab Pegon.

Selama pendudukan Jepang pada 1942-1945 huruf Arab dilarang digunakan. Sejak Belanda memperkenalkan huruf latin pada abad kesembilan belas, huruf Arab pun perlahan-lahan terganti dengan huruf latin. Meski bahasa jawa dengan huruf arab masih digunakan hingga saat ini, tetapi itu digunakan secara ekslusif oleh para ulama dan orang-orang yang dapat menulis dan membaca sangat dihormati dikalangan orang Jawa.

 

Bahasa Hausa di Afrika

Bahasa Hausa merupakan bahasa asli yang sangat penting di Afrika Barat dan Tengah. Penuturnya sekitar 40 sampai 50 juta orang. Sebagian besar penuturnya adalah Muslim di Chad, Niger dan Nigeria. Bahasa Hausa ditulis dengan huruf Aran namun dengan modifikasi yang disebut ajam.

Sejak 1912 bahasa Hausa ditulis dengan huruf poco yang didasarkan pada huruf latin. Daerah asli orang-orang berbahasa Hausa berada di kedua sisi perbatasan Niger dan Nigeria. Separuh penduduk Niger menggunakan bahasa Hausa sebagai bahasa perrtama, sedang seperlima penduduk Nigeria menggunakan bahasa Hausa sebagai bahasa pertama.

Studi tentang bahasa Hausa yanh diterbitkan Bergeri pada 1934 sebuah kamus berisi 40 ribu kata menunjukkan sebagian besar kata dipinjam dari bahasa Arab. Dengan beberapa bahasa lain seperti Kanuri, Sahara, Majak, Amazigh. Namun sejak era kolonial, bahasa Inggris dan Prancis menumbangkan pengaruh bahasa dan huruf Arab.[REP]

Tags: #MasyaAllah ! Bahasa Jawi Indonesia Termasuk Dalam 3 Bahasa yang Ditulis Dengan Huruf Arab