Kisah Pilu Kakak Beradik di Baubau, Bergantian Pakai Sepatu demi Sekolah

Sepasang kakak adik dari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) viral di media sosial dan membuat netizen pilu. Demi sekolah, kakak beradik ini rela bergantian menggunakan sepatu.

Mereka bernama Nadia (11) dan Riski (9). Dalam video yang beredar, tampak Nadia datang ke sekolah dengan menggunakan sandal jepit. Setelah itu, Riski melepas sepatu dan memakaikannya kepada Nadia.

Kegiatan ini telah mereka lakoni sejak Nadia kelas 4 dan Riski kelas 3 di SDN 3 Wameo, Kota Baubau. Kondisi ekonomilah yang memaksa mereka saling bergantian sepatu dan harus menutup telinga dari ejekan beberapa teman sekolah.

Nadia dan Riski tinggal di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Lipu, Kota Baubau. Saat bersekolah, pertama-tama Riski yang memakai sepatu karena dia masuk pagi sementara Nadia masuk siang.

Sementara itu, sang ibu yang bernama Mardiana (30) hanya bisa meminta kedua anaknya untuk bersabar. Mardiana berjanji akan membelikan sepatu tambahan kepada buah hatinya jika sudah punya uang.

Mardiana juga menceritakan kedua anaknya kerap tidak masuk sekolah karena tidak punya ongkos transportasi naik ojek, atau kadang berjalan kaki ke sekolah. Dia dan suami hanya bekerja sebagai tukang kredit barang dengan pendapatan tidak tetap.

Untunglah, setelah kisah keduanya viral, mereka mendapat bantuan dari Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Tangkari. Zainal memberikan hadiah perlengkapan sekolah termasuk sepatu untuk kakak beradik ini.

“Ini adalah kekuatan media sosial, saya tidak pernah kenal sebelumnya dengan mereka. Saya membaca pesan yang teman-teman kirimkan buat saya terharu, saya membayangkan dulu waktu saya kecil, kurang lebih hampir sama,” kata Zainal.

“Di tengah keterbatasan ini, mereka masih punya semangat dan yakin Allah itu pasti memberikan pertolongan kepada mereka yang mau berusaha. Bantuan dari saya hanyalah agar membuat mereka senang, memberikan semangat untuk tetap sekolah. Harapan saya mereka menjadi orang hebat di kemudian hari,” tutupnya.[sumber]

Tags: #baubau #gubernus sulawesi tenggara #pemkot baubau #pemprov sulawesi tenggara #sekolah #sepatu #sulawesi tenggara #walikota baubau