Kisah Mengharukan, Remaja Jadi Mualaf di Meja Operasi

117 views

Kisah remaja bernama Graciella Victoria Safira menjadi mualaf viral di media sosial. Pasalnya, Graciella memutuskan masuk Islam saat di meja operasi .

Graciella yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa komunikasi penyiaran islam di Institut Ilmu Al Quran Jakarta, berbeda keyakinan dengan sang ibunda Elisabeth Janita Ruru. Elisabeth sudah memeluk islam lebih dahulu.

Meski demikian, Elisabeth tak pernah memaksa putrinya masuk islam atau sekedar membahas islam. Diakui Graciella, baik sang ibu maupun dirinya tetap menjalani agama masing-maisng.

Sebelum-sebelumnya umi tetap anterin ke gereja. pokoknya tetep menjalankan masing-masing,” kata Graciella dikutip dari kanal YouTube Ngaji Cerdas, Selasa (26/10/2021).

Ketika Graciella duduk di bangku kelas 3 SMP, ia mengalami skoliosis dengan kemiringan hampir 90 derajat. Kondisi ini membuat perempuan yang akrab disapa Ceila itu harus menjalani operasi.

Selama sakit, Ceila sempat meminta kepada sang ibunda untuk ikut sholat tarawih. Meski tidak tahu soal sholat, Ceila tetap melakukannya. Ini menjadi pertama kalinya, ia sholat.

Itu pertama kalinya sholat dalam hidup aku 23 rakaat. Rasanya Masya Allah banget. Benar-benar sampai malem,” ujar Ceila.

Saat mendekati hari operasi, Ceila mengaku ada kendala terkait penyakitnya sehingga sang ibu membuatkan pengajian untuk mendoakan Ceila. Dari pengajian tersebut, Ceila bertemu dengan Ustad Doddy Al Jambary.

Awalnya Ustad Doddy mengungkapkan bahwa berkat pengajian yang digelar untuk mendoakan Ceila, dirinya bisa bertemu seorang jamaah yang sudah lama tidak ditemui. Percakapan tersebut berlanjut pada tukar pikiran antara Ceila dan Ustad Doddy mengenai islam.

Dijelasin kalau di islam tetap percaya sama Nabi Isa tapi bukan sebagai Tuhan tapi sebagai nabi. Dijelasin runtutannya sama Ustad Doddy,” ungkap Ceila.

Mengenai percapakannya dengan Ustad Doddy, Ceila ternyata tidak pernah menceritakan hal ini kepada ibunya. Bagi Ceila, ini adalah hal yang sensitif. Ibu Ceila mengetahui percakapan anaknya dengan Ustad Doddy melalui handphone Ceila.

Ceila akhirnya berniat untuk masuk islam. Namun belum sempat terlaksana, Ceila sudah harus dioperasi. Sang ibu diizinkan untuk ikut masuk ke dalam ruang operasi karena Ceila terus menangis ketakutan.

Karena aku nangis nggak bisa dimasukin obat bius, akhirnya umi masuk ke kamar operasi. Di mana umi bilang kita mau berdoa. Ikutin umi ya, mau baca Al Fatihah nggak? Dituntun dzikir, berdoa dan lain-lain,” papar Ceila.

Berdasarkan pengakuan sang ibu, Ceila saat itu meminta untuk bersyahadat. Padahal, Ceila sudah berada di meja operasi dengan penuh dokter dan suster.

Dia bisikan ke aku, ‘aku kayaknya mau syahadat’. Dia aku peluk nangis gitu. Dia bilang mau syahadat, aku tanya yakin? Ya kalau mau syahadat kita baca sekarang,” beber Elisabeth.

Sudah 5 tahun lamanya Ceila memeluk islam. Ceila menegaskan keluarganya tidak pernah mempengaruhinya dalam keputusannya ini. Semua murni karena keinginannya. Ceila bahkan tidak mencari tahu islam melalui keluarganya, melainkan bertanya pada seorang ustad.[eramuslim]

Tags: #masuk islam #mualaf #operasi #remaja #viral di media sosial