Keluarga Khawatirkan Keselamatan Farid Okbah dkk, Singgung Kasus Siyono

 

Keluarga Ustadz Farid Okbah, Ahmad Zain An Najah, dan Anung Al Hamat mendatangi Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, siang ini. Pihak keluarga mengaku mengkhawatirkan keselamatan Farid Okbah dan menyinggung kasus terduga ter0r1s Siyono, yang meninggal setelah diamankan Densus 88 Antit3r0r beberapa tahun silam.

“Kami datang ke Mabes Polri sebagai suatu usaha kami bagaimana bisa mengetahui tentang keadaan klien kami, keluarga dari para ibu-ibu ini. Karena sampai sekarang kami tidak mendapatkan akses sama sekali untuk melakukan pendampingan hukum,” ujar penasihat hukum Farid Okbah dkk, Ismar Syafruddin, di gedung Bareskrim Kamis (18/11/2021).

Ismar menyebut keluarga khawatir Farid Okbah hingga Ahmad Zain sudah ‘tidak ada’. Dia berharap Densus 88 profesional dan transparan dalam menangani kasus.

“Untuk itu, salah satu usaha kami seperti ini. Kami ke mana lagi? Kami harus terus mencari dan berusaha semaksimal mungkin karena saya mengkhawatirkan beliau sudah ‘tidak ada’. Kan sudah banyak yang terjadi, bagaimana Siyono? Tapi kita percaya kepada teman-teman Mabes Polri mudah-mudahan bisa profesional, apalagi teman-teman dari Densus 88 yang saat ini menangani kasus ini,” tuturnya.

Ismar menuturkan tersangka dalam suatu kasus tindak pidana berhak mendapat pendampingan hukum. Dia berharap bisa bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atau Kabareskrim Komjen Agus Andrianto.

“Hanya, ada apa, kok sampai sekarang ini belum ada kepastian. Di mana mereka (Farid Okbah dkk)? Apalagi beliau sekarang sudah ditersangkakan kalau nggak salah. Kok bisa jadi tersangka?, kan kita belum dampingi. Padahal hak tersangka itu sangat harus wajib. Nah, ini yang menjadi keprihatinan kami. Kalau bisa kami bisa bertemu dengan Kapolri atau minimal dengan Pak Kabareskrim yang membawahi tentang penyidikan,” sambung Ismar.

Lebih lanjut, Ismar menyampaikan dua dari tiga kliennya itu ditangkap Densus saat baru selesai salat Subuh. Ismar mengungkapkan detik-detik para tersangka ditangkap Densus di masjid.

“Ustadz kita diperlakukan seperti ini, dikasih kesempatan untuk pakai baju saja nggak. Dikasih ketemu istrinya saja nggak. Beliau pas di luar, langsung diambil (ditangkap). Ustadz Farid Ahmad Okbah (ditangkap) pas abis salat Subuh, langsung ada yang pepet dibawa keluar. Sampai sekarang nggak kembali. Zain di masjid juga. Kalau Ustadz Anung di rumah,” imbuhnya.

Diketahui, tim pengacara dan keluarga Farid Okbah, Zain An Najah, serta Anung Al Hamat bakal menyambangi Mabes Polri hari ini. Mereka hendak menanyakan kondisi Farid Okbah dkk setelah ditangkap Densus 88 terkait kasus dugaan ter0r1sme.

“Agenda tim hukum Ustaz Farid, Zain An Najah, dan Anung bersama keluarga hari ini jam 10 menuju Mabes Polri untuk menanyakan keberadaan beliau,” kata pengacara Farid Okbah dkk, Ismar Syafruddin, kepada wartawan, Kamis (18/11).

Densus 88 sebelumnya menangkap Farid Okbah dkk atas dugaan tindak pidana ter0r1sme. Polri mengungkapkan penangkapan mereka berdasarkan pengakuan 28 tersangka ter0r1s terdahulu yang sudah ditangkap.

“Ditambah juga keterangan 28 saksi, ini merupakan para tersangka yang telah tertangkap terdahulu,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (17/11).[detiknews]

Tags: #anti islam #farid okbah #islam #Kasus #Kasus Siyono #Keluarga Farid Okbah #Keluarga Farid Okbah dkk #Keluarga Khawatirkan Keselamatan Farid Okbah dkk #Keselamatan Farid Okbah dkk #Singgung Kasus Siyono #Siyono