Jepang Bikin Layar TV yang Bisa Dijilat, Mampu Tiru Rasa Makanan

Seorang ilmuwan di Jepang berhasil mengembangkan purwarupa layar tv yang bisa meniru rasa makanan dan bisa dijilat. Teknologi ini disebut menjadi cikal-bakal tayangan yang menyajikan pengalaman multi-indra.

Perangkat yang dinamai Taste the TV atau TTTV itu dilengkapi dengan sebuah roda yang memuat 10 tabung berisi cairan yang jika dikombinasikan akan menghasilkan rasa makanan yang diinginkan.

Cairan dalam tabung-tabung itu akan disemprotkan ke sebuah lembaran kaca higienis di permukaan layar tv untuk kemudian dijilat oleh penonton, demikian diwartakan Reuters, Kamis (23/12/2021).

“Teknologi ini bertujuan untuk membantu orang merasakan pengalaman makan di restoran di belahan dunia lain hanya dari rumah,” kata Homei Miyashita, ilmuwan dari Universitas Meiji yang menciptakan teknologi tersebut.

Untuk mengembangkan layar yang bisa dijilat itu, Miyashita bekerja sama dengan 30 mahasiswa. Mereka mengembangkan berbagai rasa makanan.

Ia mengaku mengembangkan purwarupa TTTV sendirian selama beberapa tahun terakhir. Ia memperkirakan versi komersial dari perangkat itu bisa dijual seharga 100.000 yen.

Miyashita mengaku sudah didekati oleh beberapa perusahaan yang tertarik untuk menggunakan temuannya tersebut.

 

sumber: https://bit.ly/3ps1sOQ

Tags: #layar tv #layar tv yang bisa dijilat