Jangan Sepelekan Air Wudhu, Lebih Ampuh dari Make Up

190 views

Wudhu merupakan salah satu syarat sah salat. Wudhu merupakan salah satu cara untuk mensucikan anggota tubuh, terutama untuk salat.

Namun, selain berfungsi untuk mensucikan saat salat, ternyata kita juga dianjurkan rutin berwudhu untuk berbagai aktivitas di pagi hari, sebelum tidur, maupun sesudah memulai aktivitas lain.

Sebab, ada banyak sekali manfaat dari wudhu, selain menambah pahala ibadah tentunya. Terutama untuk wanita muslimah, berwudhu ternyata memiliki manfaat lain yaitu untuk kecantikan.

Dari pada sibuk mengenakan riasan wajah, lebih baik Anda memulai untuk membiasakan diri berwudhu karena wudhu juga mempunyai manfaat untuk kecantikan wajah agar lebih bersinar dan kesehatan kulit. Apalagi saat akan mulai beraktivitas.

Menurut ustaz Adi Hidayat, Lc, MA dalam akun Youtube Ceramah Pendek, menyebutkan jika wudhu memiliki arti secara fiqih adalah cahaya yang terang atau kebaikan. “Orang-orang yang seakan-akan wajah itu ada cahaya,” kata ustaz Adi.

Manfaat lain wudhu untuk kecantikan wajah

1. Menghilangkan kotoran dari wajah

Lebih dari itu, wudhu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Saat kita membasuh wajah secara rutin dengan air, minimal lima kali sehari, maka kotoran tidak akan menempel di wajah.

Kita tahu, jika kotoran yang menempel di wajah bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Nah, dengan membasuh wajah secara rutin dengan wudhu, maka wajah akan terhindari dari kotoran.

2. Kulit wajah selalu terhidrasi

Wajah yang selalu basah oleh air wudhu bisa dipastikan akan bebas dari kulit kering dan berminyak. Jika wudhu dilakukan dengan benar, maka kulit wajah dan anggota tubuh lainnya akan selalu terhidrasi atau membuat kulit tetap lembab.

3. Mencegah penyakit kulit

Baca Juga :   Bukan Istighfar, 1 Amalan Ini Kuras Habis Dosa, Sering Dilakukan dan Tak Disadari

Beberapa penyakit kulit disebabkan oleh kotoran dan kulit yang tidak terhidrasi dengan baik. Bisa juga kulit mati yang tidak terkelupas dengan sempurna. Sehingga dengan rutin berwudhu, kulit akan selalu terjaga kebersihannya.

Maka tidak heran, jika ada anggapan di masyarakat jika wanita yang rutin berwudhu akan terpancar cahayanya meskipun tidak mengenakan riasan wajah.

4. Memancarkan aura kebaikan

Seperti yang dikatakan ustaz Adi Hidayat, jika wudhu memiliki arti kebaikan atau aura yang terpancar. Maka bagi wanita yang rutin berwudhu minimal lima kali sehari, akan mengeluarkan auranya kebaikan dari dirinya. Atau biasa kita sebut sebagai innerbeauty.

Tidak perlu membeli riasan mahal bagi seorang muslimah, karena wudhu adalah ‘senjata’ yang sangat ampuh untuk memancarkan kecantikan seseorang.

Manfaat wudhu di atas tentu bisa dirasakan setiap muslim, bukan hanya wanita muslimah saja. Jadi, tidak perlu perawatan mahal dan lama saat ingin memperlihatkan kecantikan wajah alami kita. Cukup rutin berwudhu di waktu salat.

5. Menebarkan senyum

Salah satu yang membuat seseorang agar wajahnya selalu bersinar karena senyuman yang ia terbarkan kepada orang orang yang ia temui, bukan untuk memberikan sinar pada wajah tetapi juga dapat menambahkan amalan.

Tak sampai di sana, Rasulullah juga sempat bersabda, “Tersenyum di wajah saudaramu adalah tindakan amal” (At-Tirmidzi; Dinyatakan Otentik oleh Al-Albani).

Dalam Islam, senyum menjadi salah satu cara untuk membelanjakan harta di jalan Allah, tanpa harus membayar sepeser pun. Senyum, juga menjadi solusi dari Nabi Muhammad untuk bersedekah paling murah.

Karenanya, penting bagi setiap orang agar terus menjaga senyum di wajahnya setiap saat. Namun demikian, senyum yang terjadi secara mekanis, tidak bisa ditipu dengan senyum palsu.

Baca Juga :   8 Keutamaan Luar Biasa Berwudhu, Ayo Perbaiki Wudhu Kita !

Alih-alih dari senyum yang dipaksakan, senyum dalam Islam bisa diterima dengan senyum tulus dan bersumber dari lubuk hati terdalam.

Mengenai hal ini, dijelaskan pula oleh Abdullah bin Al-Mubarak tentang akhlak yang baik, “Itu adalah wajah yang tersenyum, melakukan yang terbaik dalam kebaikan, dan menahan diri dari bahaya”.

 

sumber: https://bit.ly/3FuVsKs

Tags: #air wudhu #kecantikan #make up #Wudhu #wudhu untuk kecantikan