Inilah Permohonan yang Selalu Diminta Oleh Penduduk Neraka

202 views

Penghuni neraka akan bermohon kepada penjaga-penjaga neraka jahanam. Inti permintaanya yakni agar menyampaikan kepada Allah Ta’ala untuk meringankan azab walaupun hanya satu hari saja. Dan hal ini sudah disebutkan dalam Alquran.

Allah azza wa jalla berfirman :

﴿وَقَالَ الَّذِينَ فِي النَّارِ لِخَزَنَةِ جَهَنَّمَ ادْعُوا رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِنَ الْعَذَابِ﴾ [غافر: ٤٩]

Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka jahannam :”Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami walaupun hanya satu hari”. [QS. Ghaafir : 49]

Ustadz Budi Santoso bin Suradi , Lc حفظه الله تعالى menjelaskan, Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin -rahimahullah – berkata bahwa ayat mulia diatas mengandung empat pelajaran yang penting yakni :

Pelajaran yang pertama :

Mereka (penduduk neraka) tidak meminta kepada Allah secara langsung, agar mereka mendapatkan keringanan dari azab, akan tetapi mereka meminta kepada penjaga neraka agar menyampaikan kepada Allah. Di dalam ayat yang lain Allah berfirman :

﴿ اخْسَئُوا فِيهَا وَلَا تُكَلِّمُونِ﴾ [المؤمنون: ١٠٨]

Allah berfirman : “Tinggalllah dengan hina di dalamnya (neraka), dan janganlah kamu berbicara dengan Aku. [QS. Al Mu’minuun : 108]

Mereka (penduduk neraka) merasa tidak pantas meminta secara langsung kepada Allah (karena mereka merasa hina) oleh karena itu mereka meminta melalui perantara para penjaga neraka jahannam.

Pelajaran yang kedua :

Mereka berkata : Mohonkanlah kepada Tuhan kalian, mereka tidak berkata : Mohonkanlah kepada Tuhan kami, karena wajah dan hati mereka diliputi kehinaan dan kerendahan, sehingga mereka merasa tidak pantas berkata : mohonkanlah kepada Tuhan kami.

Pelajaran ketiga :

Mereka (para penduduk neraka) tidak meminta agar mereka dibebaskan dari azab neraka tapi mereka meminta agar diringankan azabnya. Mereka berputus asa dari diangkatnya azab.

Pelajaran keempat :

Mereka tidak meminta agar diringankan azabnya selama-lamanya, tapi mereka meminta agar diringankan walaupun hanya sehari. Dari penjelasan diatas, maka bisa memahami penderitaan yang dialami para penduduk neraka. Allah berfirman :

﴿وَتَرَاهُمْ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا خَاشِعِينَ مِنَ الذُّلِّ يَنْظُرُونَ مِنْ طَرْفٍ خَفِيٍّ ﴾ [الشورى: ٤٥] 45 .

Dan kamu akan melihat mereka dihadapkan ke neraka dalam keadaan tunduk karena merasa hina, mereka melihat dengan pandangan yang lesu. [QS. Asy Syuro : 45] Semoga Allah melindungi kita dan kedua orangtua kita dari azab nerakaNya.[mokzn]

Tags: #Inilah Permohonan yang Selalu Diminta Oleh Penduduk Neraka